Toyota dan Panasonic kolaborasi bangun rumah dan kota pintar

Toyota bekerja sama dengan Panasonic untuk membangun visi rumah pintar (smart home) dan kota pintar (smart city).

Toyota dan Panasonic kolaborasi bangun rumah dan kota pintar

Sebagaimana produsen mobil lainnya, Toyota juga berupaya melebarkan lini bisnisnya selain memproduksi mobil. Kini Toyota berkeinginan mendorong lebih jauh perusahaan mereka ke pasar rumah pintar, dimana mobil bisa turut terhubung melalui koneksi internet.

Guna mewujudkan ambisi itu Toyota bekerja sama dengan Panasonic untuk membangun rumah pintar (smart home) dan kota pintar (smart city). Dilansir CNN, Toyota mengatakan akan membentuk perusahaan patungan di awal tahun depan. Kolaborasi ini akan menggabungkan anak perusahaan Toyota, Misawa Homes dan unit pengembangnya Toyota Housing, dengan Panasonic Homes.


BACA JUGA

Alibaba klaim prosesor barunya paling kuat

MediaTek perkenalkan i700, platform AI baru untuk IoT

Harga komponen yang terjangkau, bikin IoT jadi masif di Indonesia


Kedua perusahaan menyatakan kerja sama mereka akan meningkatkan daya saing perusahaan di pasar perumahan Jepang. Meski Toyota sebagai induk perusahaan memproduksi mobil, Toyota Housing telah menjual lebih dari 100 ribu rumah selama hampir empat dekade.

Perusahaan patungan Toyota dengan Panasonic bisa menghasilkan terobosan teknologi yang akan membantu Toyota menyaingi Tesla, Google dan Uber. Sebagaimana diketahui, beberapa tahun terakhir Toyota mengincar peluang di bidang teknologi seperti membuat robot yang membantu pekerjaan rumah tangga dan perawatan kesehatan.

Toyota dan produsen mobil global lainnya diketahui telah banyak berinvestasi pada teknologi baru yang akan menghubungkan kendaraan dengan infrastruktur jalan dan perangkat lain termasuk produk rumah tangga melalui koneksi internet.

Selain Toyota, produsen mobil lainnya juga telah membentuk kemitraan serupa. Volkswagen misalnya telah menempuh kesepakatan bersama Microsoft untuk mengembangkan Automotive Cloud. Kesepakatan itu pada akhirnya akan mengintegrasikan aplikasi pada mobil.

Nissan dan Fiat Chrysler juga telah bermitra dengan Google. Ada pula Volvo yang telah menggandeng Uber untuk mengembangkan kendaraan otonom.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: