sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Minggu, 12 Jun 2022 09:32 WIB

Tips menggunakan internet dengan aman

Agar tidak terkena kejahatan siber, berikut ini beberapa tips dari TikTok yang dapat pengguna terapkan untuk berselancar lebih aman di internet.

Tips menggunakan internet dengan aman
Pixabay

Di era digital seperti sekarang, jaringan internet menjadi salah satu elemen esensial yang dibutuhkan oleh setiap orang. Hampir seluruh aktivitas yang dilakukan kini menggunakan sambungan internet sebagai medianya. 

Penggunaan internet ini dapat diakses mulai dari usia anak-anak, remaja hingga dewasa. Hanya dengan mengetik lewat mesin pencari, berbagai informasi, hiburan hingga media pembelajaran dapat ditemukan dengan mudah di internet.  Oleh karena itu, tak dapat dipungkiri jika internet saat menjadi media utama bagi masyarakat untuk bekerja, mencari informasi, hingga hiburan. 

Meski demikian, tentunya sambungan internet juga tidak lepas dari dampak negatif untuk penggunanya. Salah satunya adalah kejahatan siber yang dapat mengakses data privasi pengguna untuk disebar ataupun digunakan secara sembarangan. 

Untuk itu, pengguna harus bijak ketika menggunakan jaringan internet untuk mengakses informasi, hiburan hingga media sosial. Pasalnya, kita tidak pernah tahu apa yang akan ditimbulkan dari postingan hingga tulisan yang sudah dibuat di internet. 

Nah, untuk menghindari dampak negatif tersebut, TikTok turut membagikan cara berselancar di internet dengan aman menggunakan tagline #BeCyberSmart. Berikut tips dari TikTok yang dapat diterapkan untuk mendorong semua orang agar lebih bijak dalam bersiber. 

  • Berselancar dengan bijak

Ketika menyambungkan perangkat ke Wi-Fi publik yang tidak terjamin keamanannya, kita harus lebih berhati-hati. Gunakan kata sandi yang kuat dan unik di setiap akun, selain itu aktifkan juga verifikasi dua langkah untuk lebih amannya. 

  • Jaga privasi

Lihat fitur kontrol keamanan dan privasi yang terdapat di setiap platform, termasuk di TikTok. Sesuaikan pengaturannya untuk lebih memudahkan pengalaman online yang diperoleh. 

  • Awas terpancing

Salah satu taktik yang digunakan untuk mencuri informasi di internet yaitu phising. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya jangan membuka, mengunduh atau mengklik tautan dan lampiran dari pengirim yang tidak dikenal. 

  • Jangan tinggalkan jejak 

Perbarui semua perangkat dan aplikasi dengan versi terbaru dan hapus aplikasi yang tidak digunakan. Sebelum menjual perangkat, sebaiknya pindahkan semua data pribadi, foto ataupun video ke penyimpanan lainnya. Setelah itu, hapus seluruh konten yang terdapat di perangkat tersebut supaya lebih aman. 

Terakhir, TikTok juga menyarankan untuk mempelajari Panduan Pengguna terbaru sebelum mengakses berbagai aplikasi. Platform media sosial berbasis video pendek ini juga menambahkan panduan untuk keluarga sebelum mengakses konten hingga bermain game di aplikasinya.

Share
×
tekid
back to top