Belum juga masuk Indonesia, TikTok sudah hentikan program monetisasinya
TikTok Creator Fund merupakan program monetisasi yang dihadirkan untuk para kreator yang memiliki video dengan 100 ribu penayangan dalam 30 hari terakhir.
Source: Unsplash/Alexander Shatov
Dana kreator TikTok senilai USD1 miliar untuk program TikTok Creator Fund kabarnya akan berakhir pada 16 Desember mendatang. Untuk diketahui, TikTok Creator Fund merupakan program monetisasi yang dihadirkan perusahaan untuk para kreatornya yang memiliki video dengan 100 ribu penayangan dalam 30 hari terakhir.
TikTok Creator Fund pertama kali diperkenalkan pada tahun 2020. Perusahaan berjanji akan menggelontorkan dana sebesar USD1 miliar selama tiga tahun kepada kreator yang membuat konten viral di aplikasi tersebut.
Sayangnya, hingga program ini ditutup, kreator berbasis Indonesia belum kebagian dana hibah tersebut. TikTok Creator Fund hanya tersedia untuk kreator di AS, Inggris, Jerman, Prancis, Italia, dan Spanyol.
Menurut juru bicara TikTok yang dikutip dari The Verge (7/11), kreator di Italia dan Spanyol tidak akan terpengaruh oleh perubahan ini.
- Paxel Raih Aplikasi Harian Terbaik Google Play 2025, Buktikan Dominasi di Layanan Logistik,
- Sora Melesat di Android, 470 Ribu Unduhan di Hari Pertama Ketersediaan di Play Store
- Indonesia, India, dan Vietnam Pimpin Pertumbuhan Aplikasi Digital Global 2025, Game Selular Jadi Pendorong
- Sosialisasi Aplikasi One by IFG Terus Digencarkan, Integrasi Solusi Finansial dan Kesehatan
Digantikan oleh Creativity Program
Februari tahun ini, TikTok memperkenalkan metode monetisasi baru yang menawarkan penghasilan lebih tinggi bagi kreator populer. Namun, program yang dinamai Creativity Program ini, tidak tersedia untuk semua kreator melainkan hanya mereka yang mendapat undangan.
Creativity Program juga mengharuskan kreator yang terpilih untuk membuat video berdurasi lebih dari satu menit. TikTok mengatakan pendapatan akan didasarkan pada penayangan dan metrik engagement lainnya.
Jung mengatakan kreator dapat memperoleh penghasilan 20 kali lipat dari jumlah yang mereka hasilkan berdasarkan dana awal. Sejauh ini Creativity Program baru tersedia di Amerika Serikat, Perancis, Brasil, Jerman, Jepang, Korea Selatan dan Inggris. Perusahaan menjanjikan program ini diperluas ke Indonesia.









