sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Rabu, 20 Sep 2017 21:04 WIB

Supermarket terbesar asal Kanada pesan 25 Tesla Semi

Meski Elon Musk belum menyebut harga jual Tesla Semi, ternyata pasar bereaksi positif terhadap penemuannya ini.

Tesla Semi resmi diperkenalkan Elon Musk Jumat kemarin (17/11). Banyak yang pesimistis dengan bisnis baru Tesla ini. Akan tetapi, respons pasar cukup cepat. Loblaw, salah satu jaringan supermarket terbesar di Kanada sudah memesan 25 truk semi-kontainer, Tesla Semi. Berita ini pertama kali dilaporkan Financial Post. 

Juru bicara Loblaw, Catherine Thomas, mengatakan "Ini adalah bagian dari komitmen kami untuk mengubah armada kami menjadi armada elektrik."

Loblaw berkomitmen untuk memiliki armada kendaraan listrik sebagai bagian dari usaha mengurangi emisi karbon di 2030 mendatang. Usaha ini membutuhkan 350 kendaraan tanpa emisi dan lebih dari 2.500 trailer berpendingin ke dalam armada Loblaw.

Loblaw mengatakan, jika mereka berhasil menghapus truk diesel dan trailer berpendingin, akan ada pengurangan karbon dioksida sebesar 94.000 ton per tahun. Ini sama dengan mengurangi emisi gas karbon di lebih dari 20 ribu mobil di jalanan.

2030 mendatang, Loblaw berharap mampu mengurangi emisi dengan memanfaatkan truk bertenaga listrik Tesla, di angka sekitar 35 persen.

Harapnnya, Tesla Semi bisa segera mengaspal ke Kanada 2019 mendatang. Meski Elon Musk belum menyebut harga unit Tesla Semi, Loblaw membayar pesanan truk mereka ke Tesla sebesar USD5 ribu per truk. Bila dikurskan dalam rupiah, pesanan Loblaw sekitar Rp67 juta per unit.

Walmart, salah satu departement store terbesar di Amerika juga menjadi peminat truk semi-trailer berbahan bakar listrik ini. Walmart menyatakan antusiasme mereka di depan CNBC Jumat (17/11) lalu, untuk menjadi perusahaan pertama yang akan menggunakan Tesla Semi.

Walmart akan mencoba 15 unit Tesla Semi untuk mengirim pasokan dari gudang mereka ke seluruh Amerika dan Kanada. Saat ini, Walmart mengoperasikan 6 ribu truk untuk memasok pasokan ke seluruh Amerika dan Kanada.

Dua perusahaan besar ini membuktikan bahwa Elon Musk tidak gila. Momentum kehadiran Tesla Semi pun tepat ketika semua industri tengah memutar otak untuk mengurangi emisi karbon mereka. Sementara, Tesla Semi menjanjikan keuntungan jangka panjang.

Share
×
tekid
back to top