Studi ungkap sebagian transaksi bitcoin adalah palsu

Siapa yang sangka, total transaksi bitcoin sejumlah miliaran dollar ternyata banyak yang palsu. Hal itu diungkap oleh sebuah firma bernama Bitwise.

Studi ungkap sebagian transaksi bitcoin adalah palsu Source: Ubergizmo

Investasi dalam bentuk bitcoin menawarkan keuntungan besar bagi berbagai pihak. Kendati harganya sudah turun dibanding sebelumnya, namun hal tersebut tidak mengubah fakta keuntungan yang ditawarkan.

Dilaporkan oleh Ubergizmo (25/3), ada banyak scammer yang menyadari keuntungan yang ditawarkan pertukaran bitcoin. Para scammer tersebut melakukan penipuan dengan membuat transaksi bitcoin palsu.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Tiongkok akhirnya buat mata uang digital sendiri

Bisakah mata uang Facebook jadi alat pembayaran sah?

Facebook siapkan cryptocurrency yang bisa untuk gaji karyawan


Berdasarkan hasil analisis dari 81 pertukaran crypto teratas, ditemukan bahwa pertukaran bitcoin yang terjadi dilaporkan mencapai USD6 miliar. Namun nyatanya, hanya sekitar USD273 juta saja yang dinilai sebagai transaksi yang sah. Sebagian besar disinyalir merupakan pertukaran fiktif.

Laporan tersebut dikeluarkan oleh Bitwise. Menurut Matthew Hougan, kepala penelitian di Bitwise, banyak orang melihat bahwa pasar cryptocurrency terkesan berantakan. Hal ini disebabkan karena data palsu yang sudah dimanipulasi. Hougan mengatakan bahwa pasar tersebut menjadi efisien ketika transaksi palsu tersebut dihilangkan.

Untuk diketahui, isu tentang transaksi palsu ini sebenarnya sudah ada sejak lama. Sayangnya, belum ada pihak yang secara khusus mencoba menyoroti hal tersebut. Nah, Hougan mengklaim Bitwise adalah pihak pertama yang melakukannya. Menurutnya, Bitwise berhasil meneliti pertukaran mana saja yang merupakan transaksi nyata dan fiktif.

Hal ini bisa menjadi ancaman bagi para investor. Pasalnya tanpa penelitian yang pasti para investor justru terjebak dengan transaksi bitcoin palsu. Untuk itu Hougan menyarankan agar memastikan terlebih dahulu validitas sebuah transaksi sebelum melakukannya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: