sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Kamis, 23 Apr 2020 14:48 WIB

Steam bakal benahi sistem pencari mereka

Setelah mendapatkan banyak keluhan, Valve akhirnya memberikan sistem baru untuk membuat pencarian gim lebih akurat.

Steam bakal benahi sistem pencari mereka
Steam

Steam merupakan salah satu marketplace dan game publisher di bawah perusahaan Valve. Jutaan orang setiap hari masuk ke platform ini untuk bermain gim serta mencari gim baru untuk mereka mainkan.

Namun, ada beberapa hal yang banyak dikeluhkan oleh para pengguna platform tersebut. Mereka terkadang cukup sulit menemukan gim yang mereka cari hanya melalui tag, yang terkadang bercampur dengan berbagai genre diluar gim yang kita inginkan.

Namun, belakangan ini mereka memperkenalkan fitur baru di Steam Labs mereka. Valve mencoba untuk membuat pencarian bekerja lebih baik dengan membuat tag lebih pintar. 

Engadget (23/4/2020) melaporkan, beberapa pihak mengatakan bahwa saat ini Steam tidak lagi bekerja layaknya “manusia”. Katakanlah gamer ingin mencari permainan real time strategy baru untuk dimainkan.

Dalam situasi itu, gamer pasti mengetikkan "RTS" di kolom pencarian. Yang akan ditemukan oleh pengguna bukan hanya gim RTS saja, namun akan muncul gim lain yang memiliki fragmen kata-kata di tag tersebut.

Hal ini juga terjadi semisal pengguna hanya mengetikkan satu kata dari judul gim sebenarnya. Kita pun akan mendapatkan hasil yang akan cukup bervariasi dari satu kata pencarian yang kita lakukan.

Dengan sistem penandaan baru, Steam akan memikirkan tag terkait yang menyiratkan istilah pencarian tertentu. Secara teori, pengguna tidak harus begitu akurat atau spesifik untuk menemukan gim yang ingin mereka cari.

Valve juga mengatakan sistem baru ini adalah langkah pertama untuk mengatasi masalah beberapa pengembang menandai gim mereka lebih menyeluruh daripada yang lain. 

Mereka juga mengatakan bahwa tujuan dari sistem baru ini bukan untuk membuat fitur pencarian begitu pintar sehingga mulai merekomendasikan gamer sebuah gim tertentu. Sebaliknya, tujuannya adalah membantu gamer menemukan apa yang mereka inginkan.

Sayang, hingga saat ini masih belum diketahui kapan fitur ini akan diimplementasikan di platform Steam.

Share
×
tekid
back to top