sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
Kamis, 08 Feb 2024 07:34 WIB

Purwarupa iPhone 16 ungkap desain baru

Tampaknya model iPhone 16 mendatang akan menampilkan desain baru untuk kamera belakang, menggantikan dua lensa diagonal dengan dua lensa kamera vertikal di bagian belakang.

Purwarupa iPhone 16 ungkap desain baru

Detail baru mengenai seri iPhone 16 mendatang terus bermunculan. Misalnya, sejauh ini kita telah mengetahui bahwa tombol Capture iPhone 16 mungkin menawarkan fungsionalitas mirip DSLR, dan kita telah menyaksikan beberapa detail tentang prosesor dan kameranya.

Kini, purwarupa yang terungkap menunjukkan perubahan yang jauh lebih signifikan akan terjadi. Oleh karena itu, iPhone 16 akan menampilkan desain yang berubah total, menandai berakhirnya era yang dimulai lima tahun lalu dengan iPhone 11 Pro.

Desain iPhone tidak diragukan lagi merupakan salah satu aspek Apple yang paling dikritik. Perusahaan itu sering kali menghindari perubahan signifikan dan tetap menggunakan bahasa desain serupa selama beberapa tahun, sehingga menimbulkan komentar dari konsumen seperti “ponsel yang sama” meskipun ada peningkatan kinerja yang signifikan.

Dilansir dari Gizmocina (8/2), Apple mungkin akan menerima reaksi serupa tahun ini dengan iPhone 16, sehingga menyebabkan kekecewaan dalam hal desain. Namun, tampaknya model mendatang akan menampilkan desain baru untuk kamera belakang, menggantikan dua lensa diagonal dengan dua lensa kamera vertikal di bagian belakang.

Sebuah visual yang diklaim dari puwarupa iPhone 16 telah dibagikan di X (dulu Twitter). Bertentangan dengan kepercayaan umum, diperkirakan akan ada perubahan desain besar pada ponsel tersebut. Namun, beberapa spekulasi perubahan mungkin tidak membuahkan hasil.

Misalnya, klaim baru-baru ini menunjukkan adanya peningkatan ukuran iPhone 16 Pro, namun tampaknya varian Pro Max mungkin tidak mengalami peningkatan ukuran apa pun. Meskipun pengukuran yang tepat tidak tersedia, terdapat indikasi potensi peningkatan kecil, mungkin sekitar “nol koma sekian” inci.

Namun perubahan paling signifikan tentunya akan terjadi pada model iPhone 16 dan iPhone 16 Plus. Apple akan meninggalkan desain kamera diagonal yang terletak di pojok kanan atas tahun ini. Sebaliknya, ini akan kembali ke tata letak kamera yang familiar dari iPhone X dan iPhone 11. Meskipun mungkin tidak banyak berubah bagi banyak pengguna, hal ini masih akan mengecewakan mereka yang memiliki ekspektasi tinggi terhadap desain.

Meski demikian, harus diakui bahwa melakukan perubahan desain secara signifikan pada ponsel dengan layar depan tanpa notch atau Dynamic Island yang dirilis setiap tahun sangatlah tidak mungkin dilakukan.

iPhone 16 dan iPhone 16 Pro Max akan memiliki tampilan serupa dari segi kamera. Namun, mereka juga akan diperbarui dari segi desain, berkat tata letak tombol baru. Tombol sentuh kapasitif diperkirakan akan mengalami transformasi, menjadi datar atau sedikit tersembunyi di dalam sasis. Meski belum diketahui detail spesifiknya, tetapi tampaknya perubahan ini terutama dipengaruhi oleh kedekatannya dengan motor di bawahnya.

Prospek menarik lainnya untuk iPhone 16 Pro melibatkan integrasi kamera periskop. Model EVT1 pada iPhone 15 Pro menampilkan periskop persegi, ukurannya sebanding dengan CMOS kamera utama tetapi lebih kecil dari versi Pro Max. Meskipun CMOS yang lebih kecil ini memiliki perubahan aperture sebesar 4x, hal ini tidak ada pada model EVT2.

Share
×
tekid
back to top