sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
Selasa, 02 Mei 2023 11:12 WIB

Pemilik startup merapat, program akselerator startup teknologi terbesar di Korea Selatan resmi dibuka

KSGC 2023 menawarkan dukungan lebih lanjut kepada 20 tim teratas, termasuk dana komersialisasi seperti proyek PoC (Proof of Concept) dengan perusahaan Korea untuk sekitar 8 tim dengan dana maksimal USD25.000.

Pemilik startup merapat, program akselerator startup teknologi terbesar di Korea Selatan resmi dibuka

K-Startup Grand Challenge (KSGC), program akselerator terbesar Korea Selatan, buka pendaftaran edisi 2023. Diawasi Kementerian UKM dan Startup serta diselenggarakan National IT Industry Promotion Agency, KSGC menerima pendaftaran startup 10 April-18 Mei 2023. Tujuan program ini adalah membantu startup asing memasuki pasar Korea dan mengeksplorasi peluang bisnis di Asia. Edisi 2023, yang berlangsung 25 Juli-10 November, fokus pada startup deep tech.

Lim Jungwook, Wakil Menteri Kementerian UKM dan Startup mengatakan, “Menyenangkan melihat peningkatan kualitas startup yang mendaftar K-Startup Grand Challenge setiap tahun. Tahun ini, melalui program Follow-up setelah Demoday, KSGC 2023 menawarkan dukungan lebih lanjut kepada 20 tim teratas, termasuk dana komersialisasi seperti proyek PoC (Proof of Concept) dengan perusahaan Korea untuk sekitar 8 tim dengan dana maksimal USD25.000, yang akan membantu startup mengembangkan ide inovatif mereka ke level berikutnya. Saya mendorong startup global untuk bergabung dengan K-Startup Grand Challenge 2023 dan menjadi bagian dari perjalanan inovatif ini.

Program ini akan memilih 60 startup berusia kurang dari tujuh tahun, perwakilan mereka berkewarganegaraan asing dan ingin mendirikan bisnis teknologi inovatif di Korea. Startup dengan Produk Layak Minimum (MVP) atau rencana khusus untuk memindahkan markas mereka atau mendirikan perusahaan di Korea akan diberi preferensi.

Program K-Startup Grand Challenge mengevaluasi startup dan pra-startup melalui proses dua langkah (evaluasi dokumen dan evaluasi audisi global) termasuk kriteria seperti pengenalan masalah, kelayakan dan diferensiasi, rencana ekspansi, dan tim. Periode pendaftaran dimulai dari 10 April hingga 18 Mei 2023, dan program ini mengecualikan startup yang meniru atau mencuri ide orang lain atau melanggar kontrak.

Edisi 2023 dirancang untuk startup deep tech, fokus pada delapan sektor: e-Commerce & Retail, ESG & Green Tech, Food Tech & Agri Tech, Healthcare & Bio, IT & Software, Mobility & Robotics, Manufacturing & IoT, Metaverse & Media.

Manfaat yang Diharapkan Startup di KSGC 2023

Startup internasional di KSGC 2023 dapat menikmati beberapa keuntungan. Pertama, dukungan komersialisasi melalui mentorship dari pakar startup Korea dan akselerator, bantuan menyesuaikan model bisnis di pasar Korea, partisipasi dalam pertemuan, konsultasi, dan seminar terkait komersialisasi, kontrak, pajak, hukum, dan kebijakan bisnis di Korea.

Kedua, dukungan penyelesaian, termasuk bantuan administratif dalam pendirian badan usaha, visa, dan pengaturan tempat tinggal. Program ini akan membantu memperoleh Visa Usaha Startup (D-10-2) dan membuka rekening bank.

Ketiga, startup akan memiliki kesempatan bertemu perusahaan dan investor Korea melalui pertemuan bisnis dan acara yang diselenggarakan sepanjang program.

Keempat, startup akan diberikan ruang kantor di Pangyo Techno Valley, mudah diakses melalui transportasi umum. Seorang karyawan magang asli Korea yang fasih dalam bahasa Inggris dan Korea akan membantu startup dalam operasi mereka di Korea.

Kelima, setiap startup dalam program ini akan menerima manfaat finansial, termasuk dana penyelesaian untuk menutupi biaya hidup selama periode program 15 minggu (USD10.840 per tim). Demo Day akhir pada November 2023 akan memilih lima startup menjanjikan untuk hadiah utama. Pada Demo Day akhir, hadiah senilai sekitar USD270.000 akan diberikan kepada lima startup teratas.

Sebanyak 20 startup teratas dari program ini akan menerima dukungan tambahan, termasuk perpanjangan bayaran 15 minggu di Korea dari 1 Desember 2023 hingga 29 Maret 2024. Startup ini akan menerima semua dukungan, termasuk penerbitan visa usaha startup, kesempatan berjejaring, ruang kantor, mencari pekerja magang, dan lain-lain. Startup yang terpilih juga akan mendapatkan dukungan finansial lanjutan sebesar USD10.840. Selain itu, delapan tim startup akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut sebesar USD25.000 dan dukungan dengan dana komersialisasi seperti PoC (Proof of Concept) dengan perusahaan Korea.

Sukses Alumni KSGC

Pada 2022, KSGC menarik 2.653 tim dari 122 negara, mencatat tingkat persaingan tertinggi sepanjang masa sebesar 52:1. Sebanyak 51 tim startup dipilih melalui penyaringan dan audisi untuk program 15 minggu terakhir. Startup teknologi pangan Jerman Koralo memenangkan '2022 K-Startup Grand Challenge' sebagai tim startup asing terbaik pada Demo Day.

Sina Albanese, salah satu pendiri Koralo, mengatakan, "Kami percaya bahwa Korea memiliki teknologi yang sangat baik serta peluang. Ini sangat baik bagi kami untuk membangun manufaktur lokal di sini dan dapat mengekspor produk ini ke negara-negara Asia lainnya. Dibutuhkan kerja keras untuk memasuki pasar Korea. Namun pada akhirnya, jika Anda memiliki mitra bisnis yang tepat, jika Anda terhubung dengan ekosistem Korea, dan Anda memperluas jaringan itu dan menambah nilai bagi mereka dan juga menunjukkan bahwa Anda tertarik untuk tinggal di Korea dalam jangka panjang, maka orang-orang sangat bersemangat untuk bekerja sama."

Sejak 2016, 360 tim dari 168 negara telah berpartisipasi dalam KSGC, dan 167 anak perusahaan Korea telah didirikan. Bear Robotics, startup Silicon Valley yang didirikan oleh mantan karyawan Google, berpartisipasi dalam KSGC 2017 dan kini merevolusi robot pelayan otonom yang disesuaikan untuk masakan Korea di tingkat internasional. Startup ini telah menarik investasi lebih dari USD100 juta sejak 2017, dengan putaran Seri B sebesar USD81 juta pada 2022.

K-Startup Grand Challenge 2023 menawarkan peluang luar biasa bagi startup teknologi yang ingin memasuki pasar Asia dan bermitra dengan perusahaan Korea. Dengan dukungan yang luas, termasuk mentorship, bantuan administratif, dan dukungan finansial, program ini membantu startup mengembangkan ide mereka menjadi bisnis yang sukses dan inovatif.

Untuk informasi lebih lanjut tentang K-Startup Grand Challenge 2023 dan cara mendaftar, kunjungi situs web resmi program ini. 

Share
×
tekid
back to top