Pahlawan serangan WannaCry, Marcus Hutchins bebas dari penjara

Marcus Hutchins, yang merupakan pahlawan dari serangan WannaCry kabarnya sudah bisa keluar dari penjara, namun dengan beberapa syarat tertentu.

Pahlawan serangan WannaCry, Marcus Hutchins bebas dari penjara Ilustrasi Keamanan Siber (Pexels)

Marcus Hutchins baru-baru ini mendapatkan sebuah kabar yang cukup menggembirakan. Dia dapat menghirup udara segar setelah beberapa tahun mendekap di penjara.

Marcus adalah pahlawan pada saat malware WannaCry menyebar beberapa tahun lalu. Dia adalah orang yang menghentikan penyebaran malware tersebut dan menyelamatkan banyak pihak.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

146 aplikasi bloatware vendor punya banyak lubang keamanan

Polisi Perancis berhasil bajak malware penambang uang digital

Lagi, ditemukan malware di aplikasi populer Android


Sayang, aksinya ini tidak dapat membebaskan dirinya dari jeratan hukum. Persoalannya, dialah yang pertama kali menciptakan ransomware tersebut, yang kemudian digunakan untuk menyandera komputer dan laptop banyak pihak di seluruh dunia.

Belakangan, dia berhak mendapatkan pembebasan secara bersyarat, seperti laporan Engadget (29/7). Satu hal yang terpenting baginya saat ini adalah untuk membantu masyarakat dunia menghadapi ransomware. Dia pun sudah mempublikasikan bagaimana cara merekayasa balik malware tersebut dan melepas jeratan ransomware.

Sekedar informasi, saat WannaCry merebak, dia menutup beberapa domain switch, yang kemudian melumpuhkan serangan WannaCry. Dia juga telah melakukan penelitian penting tentang infeksi botnet dan malware

Dia pun mengatakan bahwa dirinya mengaku khilaf pada saat menjual malware buatannya, Kronos. Dia pun berjanji tidak akan lagi melakukan kesalahan yang sama dan akan terus berkontribusi di bidang keamanan digital.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: