sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
Selasa, 21 Nov 2023 11:51 WIB

Microsoft kini izinkan pengguna hapus instalasi Edge, Bing, dan Cortana

Microsoft menghadirkan update baru untuk pengguna Windows di Eropa. Perusahaan ini akhirnya mengizinkan penggunanya untuk menghapus beberapa aplikasi dasar.

Microsoft kini izinkan pengguna hapus instalasi Edge, Bing, dan Cortana

Microsoft menghadirkan update baru untuk pengguna Windows di Eropa. Perusahaan ini akhirnya mengizinkan penggunanya untuk menghapus beberapa aplikasi dasar seperti Edge (browser), Bing (pencarian), dan Cortana (asisten suara).

Raksasa teknologi Amerika tersebut tidak meluncurkan perubahan ini demi meningkatkan pengalaman pengguna dan kebebasan memilih, tetapi untuk membawa update untuk mematuhi DMA (Digital Markets Act). Sebagai informasi, DMA diumumkan oleh Uni Eropa, yang memaksa Microsoft untuk membuat semua aplikasi dasarnya dapat dihapus. Perlu dicatat bahwa undang-undang tersebut akan mulai berlaku mulai Maret 2024 di Wilayah Ekonomi Eropa (EEA).

Ini mencakup semua negara UE bersama dengan Islandia, Liechtenstein, dan Norwegia. Dilansir dari Gizmochina (21/11), Microsoft mengumumkan bahwa perubahan tersebut eksklusif untuk Eropa. Artinya, perubahan baru ini tidak bersifat global.

Jadi sekarang, pengguna yang di luar wilayah itu belum dapat menghapus instalasi browser web Edge dan mengubah pencarian web Bing. Ini adalah sesuatu yang sudah lama diminta oleh banyak pengguna Windows.

Microsoft terus-menerus mendorong Edge dan Bing untuk meyakinkan pengguna agar beralih ke platformnya sendiri. Selain itu, perusahaan itu juga akan memungkinkan pengguna menghapus Cortana, Camera, dan Photos dari pengalaman Windows. Dalam berita terkait, bulan lalu perusahaan mematenkan browser web virtual multi-perangkat untuk meningkatkan aksesibilitas internet pengguna.

Share
×
tekid
back to top