sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
Jumat, 02 Jun 2023 20:02 WIB

Microsoft singkirkan Cortana setelah umumkan kehadiran Windows Copilot

Dengan diperkenalkannya Windows Copilot, Microsoft secara resmi menghentikan Cortana pada akhir 2023.

Microsoft singkirkan Cortana setelah umumkan kehadiran Windows Copilot

Kehadiran Windows Copilot membuat Microsoft akan menghentikan keberadaan Cortana dari OS desktop Microsoft. Dalam dokumen dukungan baru yang pertama kali ditemukan oleh Windows Central, Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan dukungan untuk aplikasi Cortana mandiri di Windows pada akhir tahun 2023.

Seperti diketahui, Cortana pertama kali diluncurkan oleh Microsoft sebagai asisten suara untuk perangkat seluler Windows pada tahun 2014. Awalnya Cortana diharapkan menjadi pesaing Siri dari Apple, dan bahkan diharapkan untuk mendahului Alexa dari Amazon. Namun sayangnya Cortana tidak pernah mencapai tingkat pengakuan popularitas yang sama.

Selama beberapa tahun terakhir, Microsoft telah mengurangi fokusnya pada asisten suara ini, bahkan menghentikan aplikasi Cortana untuk Android dan iOS pada tahun 2021. Perusahaan juga menghapus Cortana dari perangkat mitra, seperti speaker pintar. Di Windows, Microsoft mengubah peran Cortana dari menjadi asisten digital bawaan menjadi aplikasi terpisah untuk komputer. Dan sekarang, kita harus mengucapkan selamat tinggal pada aplikasi tersebut pada akhir tahun.

Dalam pengumumannya, Microsoft menekankan bahwa pengguna masih akan memiliki akses ke "fitur produktivitas yang kuat di Windows dan Edge yang diperkuat oleh kemampuan kecerdasan buatan". Mereka secara khusus menyebutkan penggunaan Bing baru yang didukung oleh teknologi GPT-4 OpenAI. Microsoft memperkenalkan alat Microsoft 365 Copilot pada bulan Maret, yang memungkinkan pengguna untuk membuat konten dalam aplikasi Office dengan perintah berbasis teks.

Selanjutnya, dalam konferensi pengembang Build pada akhir Mei, Microsoft mengungkapkan bahwa kecerdasan buatan akan menjadi bagian terintegrasi dari Windows 11 dengan menyediakan alat Copilot di sidebar platform. Pengguna dapat meminta Copilot untuk melakukan tugas di dalam OS, seperti mengubah latar belakang komputer, mengedit foto, atau merangkum dokumen, tanpa perlu meluncurkan aplikasi atau mencari pengaturan tertentu.

Secara umum, kemungkinan hanya sedikit orang yang akan merasa kehilangan Cortana. Bagi mereka yang menggunakan asisten tersebut, mereka dapat beralih ke penggunaan Copilot yang akan tersedia dalam versi pratinjau untuk Windows 11 mulai bulan ini.

Share
×
tekid
back to top