sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
Minggu, 18 Feb 2024 06:42 WIB

Canggih, Lenovo patenkan laptop layar gulung

Lenovo mematenkan konsep laptop layar ultrawide yang dapat digulung. Konsep futuristik ini bukan lagi sekadar fiksi ilmiah, berkat paten terbaru yang diberikan kepada Lenovo.

Canggih, Lenovo patenkan laptop layar gulung

Bayangkan sebuah laptop yang mengubah layarnya dari ukuran standar menjadi layar ultra lebar kapan pun kamu membutuhkannya. Konsep futuristik ini bukan lagi sekadar fiksi ilmiah, berkat paten terbaru yang diberikan kepada Lenovo.

Dilansir dari Gizmochina (18/2), paten ini mengungkap desain inovatif untuk laptop dengan layar gulung, yang berpotensi merevolusi cara kita bekerja dan menikmati konten saat bepergian.

Inti dari inovasi ini terletak pada layar fleksibel yang tertanam di dalam bodi laptop. Layar ini terdiri dari bagian diam dan bergerak yang dapat memanjang dan memendek dengan lancar, menyesuaikan ukuran layar berdasarkan kebutuhan.

Ini bukan pertama kalinya Lenovo menunjukkan minatnya pada laptop yang dapat digulung. Tahun lalu di MWC, Lenovo telah memamerkan prototipe laptop unik yang menampilkan layar OLED yang dapat digulung. Laptop 13 inci yang dapat digulung ini menawarkan layar 12,7 inci dalam bentuknya yang ringkas, namun dapat diperluas secara vertikal ke ukuran 15,3 inci yang lebih besar hanya dengan menekan satu tombol.

Laptop tradisional, meskipun mudah dibawa-bawa, sering kali memiliki layar yang terbatas. Laptop gulung bisa menjadi hal penting bagi para multitasker, profesional kreatif, atau siapa saja yang hanya menikmati ruang layar lebih lebar. Teknologi layar lipat dari Lenovo mengatasi masalah ini secara langsung, menawarkan solusi dinamis yang menyesuaikan dengan alur kerja.

Manfaatnya lebih dari sekadar layar yang lebih besar. Bayangkan menggunakan layar yang diperluas untuk mengedit dokumen secara berdampingan, menikmati pengalaman film sinematik, atau bahkan menikmati dunia game yang luas tanpa mengorbankan portabilitas. Kemungkinannya benar-benar tidak terbatas.

Tentu saja teknologi ini masih dalam tahap awal. Meskipun ponsel yang dapat digulung mungkin akan memasuki pasar lebih cepat, laptop yang dapat dilipat dan digulung menghadirkan tantangan teknis yang unik.

Namun potensinya tidak bisa dipungkiri. Jika Lenovo dapat mengatasi hambatan-hambatan ini dan membuat laptop-laptop ini dapat diakses dengan harga yang wajar, hal ini dapat mengganggu pasar laptop tradisional secara besar-besaran.

Lenovo juga berencana membuka tabir konsep laptop transparan di Mobile World Congress (MWC) mendatang. Gambar yang bocor memperlihatkan layar tanpa bezel dengan komponen utama ditempatkan di dasar yang tidak transparan.

Laptop tersebut tampaknya mendukung stylus dan menjalankan Windows 11. Detail penting seperti spesifikasi dan tanggal rilis masih belum diketahui, tetapi informasi lebih lanjut diharapkan tersedia di MWC.

Share
×
tekid
back to top