Kini Opera versi Android sediakan VPN gratis

Opera kini melengkapi aplikasinya dengan dukungan Virtual Private Network (VPN). Fitur ini terpasang secara otomatis. 

Kini Opera versi Android sediakan VPN gratis

Opera kini melengkapi aplikasinya dengan dukungan Virtual Private Network (VPN). Fitur ini terpasang secara otomatis, tanpa mengharuskan pengguna menginstal dukungan lainnya. Layanan ini juga ditambahkan Opera secara cuma-cuma. 

Setelah nantinya aktif, VPN akan meningkatkan kendali keamanan pengguna, utamanya ketika menggunakan jaringan Wi-Fi di tempat umum. Dengan begitu, kerahasiaan dan keamanan pengguna saat berselancar melalui browser Opera menjadi lebih terjaga. 

"Sudah ada lebih dari 650 juta pengguna layanan VPN secara global. Pengguna kini dapat menikmati layanan gratis tanpa harus log in, yang akan lebih meningkatkan kerahasiaan dan keamanan data pribadi,” kata Peter Wallman, SVP Opera Browser for Android.

Saat pengguna mengaktifkan VPN yang terpasang secara otomatis, layanan akan membuat koneksi terenkripsi 256-bit tersendiri dan kuat antara perangkat ponsel pengguna dan server VPN jarak jauh. Dukungan VPN di Opera juga tak membutuhkan log in. Artinya, server tak mencatat dan menyimpan data kegiatan apa pun guna melindungi kerahasiaan data pengguna. 

Saat terhubung ke wifi publik, VPN akan mengirimkan permintaan pengguna melalui jalur aman, yang mengenkripsi lalu lintas internet yang masuk dan keluar dari ponsel. Ini akan mengurangi ancaman pengumpulan informasi oleh pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab.

"Faktanya adalah bahwa data pengguna terpapar saat mereka terhubung ke Wi-Fi di tempat umum tanpa VPN... Dengan mengaktifkan VPN Opera, pengguna mempersulit pihak tidak bertanggung jawab untuk mencuri informasi dan menyulitkan pelacakan. Dengan demikian, pengguna tidak perlu lagi mempertanyakan apakah atau bagaimana mereka dapat melindungi informasi pribadi mereka," kata Wallman.

Untuk mengaktifkan VPN di browser Opera, pengguna hanya perlu mengetuk pengaturan browser, temukan VPN dan aktifkan fitur sesuai dengan selera. Pengguna juga dapat memilih wilayah yang ingin dihubungkan.

Dukungan ini hadir pada Opera untuk aplikasinya versi Android. Pembaruan versi baru Opera akan diluncurkan secara bertahap per wilayah. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: