sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
Rabu, 24 Jul 2019 17:26 WIB

Jumlah pengguna naik, Snapchat tetap belum juga untung besar

Selama beberapa kuartal, Snapchat menderita kehilangan pengguna. Di laporan kuartal kedua, jumlah pengguna sudah meningkat, namun Snapchat masih belum juga untung besar.

Jumlah pengguna naik, Snapchat tetap belum juga untung besar
Source: Engadget

Snapchat perlahan-lahan berhasil keluar dari permasalahan penurunan jumlah pengguna. Dalam laporan pendapatan kuartal kedua yang baru saja dirilis, perusahaan ini mengungkapkan bahwa Snapchat sudah memiliki 203 juta pengguna harian di akhir kuartal. 

Dilansir dari Engadget (24/7), jumlah itu dikatakan naik sebanyak delapan persen dari tahun ke tahun, dan naik tujuh persen dari setiap kuartal. Ini menjadi angin segar bagi Snapchat setelah pada beberapa kuartal sebelumnya, Snapchat terus mengalami penurunan jumlah pengguna. 

Kenaikan ini tidak terjadi secara kebetulan. Salah satu penyebabnya adalah desain baru pada aplikasi yang ditawarkan Snapchat untuk seluruh pengguna Android. Snapchat mengklaim bahwa pengguna mengirim Snap tujuh persen lebih banyak dengan desain baru yang ditawarkan itu. Namun hasil tampaknya tidak mewakili pengguna Snapchat dengan perangkat Android yang tidak kompatibel dengan update desain itu. 

Snapchat mengatakan bahwa pengguna baru cenderung lebih bertahan dengan model aplikasi baru tersebut. Perusahaan ini melihat bahwa ada peningkatan lebih dari sepuluh persen dalam tingkat pengguna yang membuka Snapchat untuk pertama kalinya. Namun peningkatan ini belum membawa keuntungan signifikan di pendapatan Snapchat. 

Kendati belum mendatangkan keuntungan signifikan, namun Snapchat sudah mulai mengarah pada peningkatan pendapatan. Untuk diketahui, di kuartal ini Snapchat berhasil meraup keuntungan sebesar USD388 juta, atau 48 persen lebih tinggi ketimbang kuartal kedua tahun lalu. Meski begitu, perusahaan ini juga kehilangan pendapatan sebesar USD255 juta di kuartal ini. Jumlahnya masih lebih sedikit 28 persen dari pada jumlah yang hilang pada kuartal kedua tahun lalu. 

Di platform Discover, nyatanya juga terjadi peningkatan keterlibatan dibandingkan sebelumnya. Pengguna yang menonton konten di kolom Discover harian meningkat sebanyak 35 persen selama setahun belakangan ini. Namun Snapchat tidak memberikan angka pasti jumlah pengguna yang mengakses kolom Discover. Pihaknya hanya menyatakan bahwa total waktu yang dihabiskan di kolom Discover meningkat sebanyak 60 persen dari tahun ke tahun. 

Sejauh ini belum ada detail lebih lanjut yang dibeberkan Snapchat. Kabarnya CEO Snapchat, Evan Spiegel akan membagikan detail lain dalam waktu dekat.

Share
×
img
×
tekid
back to top