JD.ID jadi e-commerce pertama uji pengiriman pakai drone

Pengujian yang dilakukan pada 8 Januari tersebut menjadi pembuka metode baru pengiriman barang di Indonesia dan Asia Tenggara.

JD.ID jadi e-commerce pertama uji pengiriman pakai drone (Foto: JD.ID)

JD.com telah melakukan uji coba pengiriman barang menggunakan drone di Indonesia. Pengujian itu juga diklaim sukses untuk pertama kalinya di Tanah Air. Pengujian yang mereka lakukan pada 8 Januari tersebut menjadi pembuka metode baru pengiriman barang di Indonesia dan Asia Tenggara.

Perwakilan Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara yang diwakili oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU), Direktorat Navigasi Penerbangan (DNP), Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (AirNav Indonesia) turut menjadi saksi uji coba drone JD.com. 


BACA JUGA

Strategi Lazada menarik pelanggan lewat streaming hiburan

Gojek bakal jadi investor JD.ID selanjutnya

Ragam promosi e-commerce pada Harbolnas 2018


E-commerce asal China itu melakukan pengujian di kawasan Jawa Barat. Drone itu mengangkasa dari Desa Jagabita, Parung Panjang, Bogor ke Sekolah Dasar MIS Nurul Falah Leles, mengirimkan tas ransel dan buku-buku kepada siswa. 

Mengingat kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari banyak pulau, mitra joint venture JD.com - JD.ID menilai penggunaan drone untuk mengirimkan barang sebagai cara yang efisien. Saat ini JD.ID sendiri memiliki jaringan infrastruktur logistik yang terdiri dari 10 gudang di tujuh pulau, mencakup 483 kota dan 6.500 kecamatan. Pengiriman dengan drone juga dinilai akan membantu perusahaan mewujudkan misi untuk mengirimkan 85% pesanan di hari yang sama atau keesokan harinya.

“Kami sangat bangga dan senang sekali JD.ID bisa menjadi bagian dari peristiwa bersejarah di Indonesia dalam bidang lompatan dan pencapaian teknologi dengan dilakukannya uji terbang drone untuk yang pertama kalinya oleh sebuah perusahaan swasta. Hal ini menjadi satu bukti kepeloporan, kepemimpinan dan komitmen kami, melebihi dari bisnis utama kami di bidang e-dagang dan juga perusahaan teknologi yang akan berkontribusi secara signifikan terhadap bangsa Indonesia, yang sejalan dengan salah satu misi kami, Advancing Indonesia,” kata CEO JD.ID, Zhang Li.

Inisiatif penerapan drone sendiri sudah dicanangkan sejak akhir 2017. Kala itu JD.com dan JD.ID mulai berdiskusi dengan Direktorat Navigasi Penerbangan Kemenhub dan AirNav, mengadakan penerbangan uji coba teknologi drone untuk layanan logistik yang lebih canggih.

Pada 2018, regulator memberikan izin hingga persiapan uji coba penerbangan drone dilanjutkan melalui diskusi teknis bersama Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara dan TNI AU di akhir tahun.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: