sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Sabtu, 18 Agst 2018 10:14 WIB

Indonesia Blockchain Hub diresmikan

Indonesia Blockchain Hub (IBH) yang bertujuan sebagai gerbang utama untuk membuka jaringan ekosistem antar pegiat blockchain di Indonesia dan global

Indonesia Blockchain Hub diresmikan

Asosiasi Blockchain Indonesia, KADIN, BEKRAF, dan HARA meresmikan Indonesia Blockchain Hub (IBH) yang bertujuan sebagai gerbang utama untuk membuka jaringan ekosistem antar pegiat blockchain di Indonesia dan global, serta menjadi wadah untuk berbagi dan belajar pengalaman.

Blockchain pada dasarnya memiliki kelebihan yang tidak dapat dimanipulasi dan transparan sehingga membawa dampak menjanjikan dalam merevolusi banyak industri dan bisnis di dunia. Banyak yang mengatakan bahwa seperti revolusi komunikasi yang didukung oleh internet, blockchain akan mervolusi transaksi. Revolusi blockchain akan mempermudah transaksi antara seluruh lapisan masyarakat sampai UMKM ataupun petani seperti yang sekarang sudah mereka nikmati melalui penetrasi internet.

Teknologi blockchain dikembamngkan kurang dari 10 tahun lalu dan mesih terus berkembang untuk menemukan aneka solusi baru. Dalam situasi ini, Indonesia berpotensi untuk tumbuh setara dengan negara lain, termasuk negara maju yang sedang giatnya mengembangkan bisnis melalui teknologi ini. Blockchain diklaim dapat meningkatkan daya saing bisnis dan memperkuat peringkat Indonesia sebagai satu-satunya negara dari Asia Tenggara yang masuk ke dalam 20 negara besar yang memiliki Pendapatan Domestik Bruto (PDB) tertinggi di dunia.

“Teknologi blockchain bisa membawa dampak riil untuk akselerasi perekonomian Indonesia. Akses terhadap data yang granular, terhubung dan terbuka akan sangat berharga untuk mengambil keputusan, sehingga dapat meningkatkan efisiensi bagi sektor usaha dan mendukung pemerintah untuk menentukan kebijakan yang tepat sasaran,” kata Mantan Menteri Keuangan Indonesia, Chatib Basri.

Namun adopsi teknologi blockchain masih mempunyai beberapa tantangan, antara lain persepsi sempit bahwa blockchain identik dengan Bitcoin atau cryptocurrency dan kurangnya pengetahuan mengenai aplikasi blockchain untuk mengatasi tantangan yang menyangkut data, transaksi, keamanan, dan lain-lain.

Persoalan utama yang ditangani dengan adanya IBH adalah bagaimana ke depannya setiap unit masyarakat diberikan sosialisasi dan literasi terhadap teknologi blockchain, sehingga perkembangan blockchain dapat meningkat pesat untuk menjawab permasalahan bisnis.

Share
×
tekid
back to top