IGTV akan dukung video dengan orientasi lanskap

Selama ini IGTV hanya dapat menampilkan video secara vertikal. Cara ini tampaknya membuat para kreator agak kesulitan membuat video dengan format tersebut.

IGTV akan dukung video dengan orientasi lanskap Source: Instagram via The Verge

Ada kabar baik hadir untuk pengguna Instagram. Pasalnya, platform ini baru saja mengumumkan bahwa video format panjangnya, IGTV, akan mendukung video berorientasi horizontal atau disebuat juga sebagai lanskap.

Dilansir dari The Verge (23/5), platform video milik Instagram tersebut saat ini hanya mendukung video vertikal, yang merupakan fokus fitur selama peluncurannya hampir setahun lalu. Instagram mengatakan perubahan ini terjadi karena umpan balik (feedback) dari para kreator dan karena beberapa pengguna sudah menemukan video lanskap di IGTV.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Instagram akan beri rekomendasi unfollow akun lain

Caption Instagram untuk yang hobi lari

Tips menyimpan filter kreator di Instagram Stories


“Kami menyadari ini adalah evolusi dari tempat IGTV dimulai. Kami percaya ini adalah perubahan yang tepat untuk pengguna dan para kreator. Dalam banyak hal, membuka IGTV untuk lebih dari sekadar video vertikal mirip dengan ketika kita membuka Instagram untuk lebih dari sekadar foto persegi pada tahun 2015. Hal ini memungkinkan kreativitas yang semakin meningkat, dan kami percaya hal yang sama akan terjadi lagi pada IGTV,” kata Instagram.

IGTV telah berjuang untuk membuat gelombang dalam percakapan yang bersifat kultur, khususnya dibandingkan dengan TikTok yang telah melahirkan meme, diskusi dan hit musik. The Hollywood Reporter melaporkan awal tahun ini bahwa konten kreator tidak tertarik dengan IGTV, dan The Verge menghabiskan waktu di bulan Maret dengan beberapa konten kreator yang telah bekerja bersama tim manajemen bakat Instagram untuk membangun konten IGTV mereka.

Kreator yang menggunakan aplikasi tersebut tampaknya senang, tetapi mereka juga mencatat bahwa belum dapat memonetisasi kontennya. Tidak seperti YouTube, Instagram tidak memiliki layanan penempatan iklan yang membayar kreator, dan vendor belum mulai membayar kreator untuk membuat konten IGTV.

Bagian dari perjuangan untuk mempublikasikan di IGTV adalah optimasi video vertikal. Bagi kreator yang terutama mempublikasikan video di YouTube, pindah ke IGTV berarti membuat potongan konten mereka secara terpisah atau merekamnya dengan cara yang berbeda. Ini berarti ada pekerjaan tambahan sehingga akan membutuhkan waktu lebih panjang.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: