Instagram Rilis Fitur Baru, Dapat Kendalikan Rekomendasi Reels sesuai keingian
Instagram meluncurkan fitur "Your Algorithm" yang membuat pengguna memiliki kontrol penuh terhadap tayangan reels yang ingin dilihat.
Logo Instagram
Instagram meluncurkan fitur baru yang dapat memberikan kendali penuh pada pengguna dalam melihat dan mengontrol algoritma mereka.
Dikutip dari TechCrunch, fitur bernama “Your Algorithm” saat ini tersedia di Amerika Serikat dan akan dikembangkan sebelum diluncurkan secara global.
Fitur ini dirancang untuk memberikan kendali yang lebih besar kepada pengguna atas konten yang mereka lihat.
Saat pengguna menonton Reels, mereka dapat mengakses "Your Algorithm" dengan mengetuk ikon di sudut kanan atas yang berbentuk dua garis dengan hati. Di dalam fitur tersebut pengguna akan diperlihatkan topik-topik yang Instagram yakini paling diminati.
- Instagram Luncurkan Fitur “Watch History” untuk Reels, Pengguna Bisa Menemukan Video Favorit yang Hilang
- Instagram Hadirkan Fitur Edit Stories Berbasis AI, Bisa Ubah Latar dan Gaya Foto Hanya dengan Teks
- Instagram Uji Tampilan Baru: Reels dan DM Jadi Fokus Utama di Aplikasi
- Meta Hadirkan Fitur AI Penerjemah Reels: Video Otomatis Dubbing dan Lip Sync Sesuai Bahasa Pengguna
Instagram menjelaskan daftar minat ini ditentukan berdasarkan aktivitas pengguna dan dirangkum menggunakan kecerdasan buatan (AI).
Pengguna juga akan melihat ringkasan deskriptif dari minat mereka. Misalnya: “Akhir-akhir ini Anda tertarik pada kreativitas, hype olahraga, motivasi kebugaran, dan skateboarding.”
Di bawah ringkasan tersebut, pengguna dapat melihat daftar topik yang menurut istagram paling relevan. Pengguna kemudian dapat memilih topik mana yang ingin mereka lihat lebih banyak atau lebih sedikit, sehingga rekomendasi Reels dapat disesuaikan dengan keinginannya.
Lebih dari itu, Jika pengguna tertarik pada suatu topik yang belum terdaftar, mereka bahkan dapat mengetiknya untuk menambahkannya ke daftar minat. Menariknya, pengguna juga memiliki opsi untuk membagikan deskripsi ringkasan ini ke Story mereka.
Fitur ini hadir setelah TikTok merilis “Manage Topics” tahun lalu, namun dengan pendekatan yang lebih personal.
Tidak seperti TikTok yang hanya menyediakan kategori generik, Instagram menawarkan daftar topik yang lebih spesifik dan personal sesuai aktivitas masing-masing pengguna.
Instagram mengatakan fitur Your Algorithm akan diperluas ke bagian lain aplikasi, termasuk halaman Explore, sehingga pengguna dapat semakin mengatur jenis konten yang mereka lihat.









