sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
Jumat, 12 Jan 2024 06:59 WIB

Google Assistant akan hilangkan fitur penting demi efisiensi

Google Assistant sebentar lagi akan menghapus fitur microphone icon yang biasanya bisa membantu pengguna dalam memenuhi perintah seperti mematikan lampu hingga mengirim pesan.

Google Assistant akan hilangkan fitur penting demi efisiensi
Sumber: Google

Google Assistant sebentar lagi akan kehilangan fitur pentingnya yakni microphone icon, yang biasanya membantu pengguna untuk mematikan lampu hingga mengirim pesan hanya dengan perintah suara. Namun, sebagai gantinya kini bila perintah suara diberikan maka yang muncul adalah voice search bukan lagi assistant.

Melalui laman resmiya (12/1), Google mengaku perubahan ini bukan tanpa sebab lantaran pihaknya ingin mengoptimalkan fungsi dari assistant supaya dapat meningkatkan pula kenyamanan pengguna. Memang perubahan ini memang diprediksi bakal cukup mengganggu sebagian pengguna, namun Google akan berupaya untuk membawanya semulus mungkin demi kenyamanan.

Jadwalnya penghapusan fitur microphone icon akan dimulai pada 26 Januari mendatang dan pengumuman ini pastinya akan diberitahukan melalui notifikasi pengguna. Jadi tentunya perubahan ini tidak dilakukan secara mendadak demi menghindari kebingungan para pengguna Android.

Adapun Google Assistant memang cukup banyan dimanfaatkan terutama fitur microphone icon tersebut bagi sebagian besar pengguna di seluruh dunia. Terlebih dengan bantuan fitur tersebut, pengguna tidak perlu kesulitan dalam melakukan beberapa tugas sebab hanya butuh perintah suara saja.

Sungguh sangat disayangkan memang dengan penghapusan fitur penting ini, walau Google tentu saja sudah menyiapkan rencana ke depannya untuk mengatasi hal tersebut. Bisa jadi penghapusan fitur ini juga sebagai tindak lanjut dari kemungkinan munculnya virtual assistant baru yang berbasis Artificial Intelligence (AI) yang saat ini juga kian populer.

Ditambah Google sendiri juga sudah memiliki chatbot khusus bernama Bard yang fungsinya tidak jauh berbeda dengan Google Assistant. Bukan tidak mungkin juga ke depannya Bard akan mulai diintegrasikan untuk mengganti tugas dari Google Assistant supaya lebih efisien.

Share
×
tekid
back to top