Fitur stories juga menjamur ke Airbnb

Stories telah menjadi fitur yang populer di banyak aplikasi sosial dan kini juga akan diadopsi oleh Airbnb

Fitur stories juga menjamur ke Airbnb (Foto: New York Post)

Stories telah menjadi fitur yang populer di banyak aplikasi. Sebut saja Snapchat dan Instagram yang sebelumnya sangat populer berkat fitur itu. Kini fitur stories juga telah hadir di berbagai aplikasi seperti  Facebook, WhatsApp bahkan YouTube.

Terbaru, fitur stories akan juga diadopsi oleh Airbnb. Secara diam-diam, startup traveling dan akomodasi itu merilis fitur baru yang disebut Travel Stories. Fitur itu akan menjadi cara bagi para pengguna untuk membuat video dari pengalaman mereka menggunakan Airbnb dan diunggah di situsnya.

Perusahaan juga telah mengirimkan undangan untuk layanan beta bagi sekelompok pengguna. Halaman FAQ terkait format baru juga menyebutkan bahwa untuk saat ini pembuatan story hanya tersedia di versi terbaru Airbnb di iPhone. Lain halnya di Instagram, stories di Airbnb hanya dibatasi hingga 10 detik saja. Video yang direkam sebagai stories bisa diedit secara langsung melalui aplikasi tersebut.

Pengguna kemudian bisa melihat stories baik secara langsung melalui situs Airbnb, atau melalui tab Travel Stories di aplikasi. Keduanya mirip dengan slideshow perjalanan dimana mereka muncul kemudian secara otomatis terhubung dengan stories yang berkaitan, misalnya suasana di Kuba hingga akomodasi di negara tersebut.

Belum jelas bagaimana Airbnb menyesuaikan dengan stories yang diunggah pengguna. Sejauh ini, perusahaan tak memberikan tanggapan yang begitu rinci.

"Kami selalu menguji cara-cara baru untuk membantu anggota komunitas kami menceritakan kisah mereka, dan ini adalah satu ide yang kami jelajahi. Kami tidak memiliki pengumuman apa pun , tetapi kami senang untuk terus mencari cara yang membantu tuan rumah atau tamu Airbnb berbagi pengalaman perjalanan mereka," kata juru bicara perusahaan kepada TechCrunch.

Stories mampu mewujudkan beberapa tujuan bagi perusahaan. Misalnya fitur itu bisa menjadi cara lain untuk menciptakan tanggapan yang lebih terlibat dari pengunjung. Pada akhirnya fitur ini bisa menjadi cara lain untuk menggiring pengguna lain untuk juga merasakan pengalaman yang sama menggunakan Airbnb. Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk lebih lama menggunakan Airbnb.

Tak hanya stories, Airbnb juga akan merilis fitur loyalitas yang memungkinkan pengguna mendapatkan poin kemudian memanfaatkan poin itu untuk transaksi selanjutnya. Demikian dilansir TechCrunch.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: