sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
Senin, 24 Jun 2024 08:07 WIB

Fitur Circle to Search di Android akan bisa deteksi audio dan musik

Laporan baru menunjukkan bahwa Google berupaya meningkatkan Circle to Search dengan kemampuan mengidentifikasi lagu dan klip audio populer.

Fitur Circle to Search di Android akan bisa deteksi audio dan musik

Seri Samsung Galaxy S24 memperkenalkan Galaxy AI, kumpulan fitur yang didukung oleh kecerdasan buatan yang menyederhanakan tugas sehari-hari. Salah satu yang menarik dari Galaxy AI adalah Google Circle to Search, yang kini juga tersedia di perangkat Pixel.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna mengumpulkan detail tentang apa pun di layar mereka hanya dengan menggambar lingkaran di sekelilingnya. Dilansir dari Gizmochina (24/6), kini laporan baru menunjukkan bahwa Google berupaya meningkatkan Circle to Search dengan kemampuan mengidentifikasi lagu dan klip audio populer.

Informasi tersebut berasal dari @AssembleDebug, yang menemukannya saat pembongkaran APK. Menurut laporan ini, versi beta terbaru dari aplikasi Google, yang memfasilitasi Circle to Search pada perangkat Android, memiliki string kode yang merujuk pada tombol pencarian Audio baru.

AssembleDebug berhasil mengaktifkan UI untuk tombol baru ini, yang terlihat seperti not musik. Tombol tersebut muncul di sebelah tombol yang ada untuk terjemahan teks di layar.

Saat ini, tombol tersebut tidak berfungsi, sesuai laporan, dan Google belum memberikan penjelasan resmi apa pun tentang tujuannya. Namun, berdasarkan ikon catatan audio, ada spekulasi bahwa mengklik tombol tersebut memungkinkan Circle to Search menggunakan mikrofon ponsel untuk menganalisis suara di sekitar.

Jika mendeteksi lagu atau klip audio terkenal, fitur tersebut kemudian akan memberikan informasi yang relevan. Mungkin juga Circle to Search memungkinkan pengguna menyenandungkan lagu untuk identifikasi. Perhatikan bahwa sudah ada ikon mikrofon di bilah pencarian yang memungkinkan fitur pencarian lagu serupa.

Namun jika fitur tersebut berfungsi seperti yang diharapkan, maka akan menyederhanakan identifikasi lagu dan pengambilan informasi untuk perangkat Android. Kemungkinan versi beta aplikasi Google mendatang akan memperjelas fungsi tombol dengan mengaktifkannya.

Share
×
tekid
back to top