FCC setujui metode pengisian nirkabel berjarak 1 meter

Tahun depan akan muncul metode pengisian nirkabel baru.

Mengisi daya pada gadget Anda akan lebih mudah dan nyaman jika bisa dilakukan tanpa kabel. Meski begitu, teknologi pengisian daya nirkabel yang umumnya memanfaatkan WiFi, saat ini masih sebatas meletakan gadget pada docking atau konektor khusus.

Tahun depan ada kemajuan dari metode pengisian daya. Mengutip Engadget, Federal Communications Commision (FCC), sudah menyetujui peranti nirkabel pertama yang dapat bekerja hingga jarak 3 kaki atau kurang lebih 1 meter.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Tidak seperti janji politikus, USB Charger ini memang jujur

Choetech Charger, charger nirkabel yang super cepat

Prolink PCU6101, tak perlu berebut colokan lagi


Energous yang merupakan perusahaan rintisan yang berbasis di San Jose, Amerika, baru-baru ini berhasil mendapat sertifikasi FCC dengan pengisian nirkabel menggunakan pemancar WattUp Mid Field. Pemancar ini bekerja dengan mengubah listrik menjadi frekuensi radio, kemudian mengirimkan energi pada perangkat yang dilengkapi komponen penerima.

Temuan ini jelas berbeda dengan apa yang ditawarkan metode nirkabel saat ini. Metode saat ini masih menggunakan metode induksi resonansi, ala Belkin dan Mophie, yang masih membutuhkan kontak antar perangkat.

WattUp dapat mengisi ke beberapa perangkat secara bersamaan dan cukup kompatibel untuk mengisi ponsel, tablet, keyboard, laptop hingga apapun yang mendukung komponen penerima. Menariknya, temuan ini bekerja seperti Wi-Fi yang berarti Anda dapat menggunakannya pada brand apa saja. Energous akan memamerkan teknologi baru ini pada CES 2018 mendatang.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: