Review wireless charger

Choetech Charger, charger nirkabel yang super cepat

Desainnya cukup cerdas dengan waktu pengisian yang relatif cepat. Namun harus gunakan adapter yang tepat.

Bicara soal smartphone sering kali terkait dengan performa serta daya tahan baterainya. Tak heran beberapa vendor mengeluarkan beberapa seri yang dibekali dengan baterai berukuran besar. Tujuannya agar smartphone bisa digunakan lebih lama tanpa harus sering isi daya.

Namun, baterai besar saja tidaklah cukup. Beberapa rekan kami bahkan masih membutuhkan powerbank atau mengisi smartphone-nya ketika sedang berkendara dengan mobil. Sampai akhirnya kami menemukan Choetech, wireless charger yang mendukung pengisian cepat. Yuk kita simak pengalamannya.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Tidak seperti janji politikus, USB Charger ini memang jujur

FCC setujui metode pengisian nirkabel berjarak 1 meter

Prolink PCU6101, tak perlu berebut colokan lagi


Desain unik

Perangkat pengisian cepat nirkabel keluaran Choetech ini memiliki desain yang umum ditemukan pada Phone Holder yang beredar di pasaran. Ukurannya cukup ringkas dengan sebuah pad pengisian serta tiga buah holder untuk mengunci smartphone ketika terpasang.

Ketika smartphone diletakkan, maka holder di sisi kanan kiri akan menjepit smartphone karena mendapatkan beban.

Bahannya terbuat dari plastik berkelir hitam dengan sedikit aksen perak pada pad serta merek Choetech ditengah. Pengisi daya nirkabel ini dilengkapi dengan lapisan karet pada sisi lekukan holder. Lapisan karet ini berfungsi sebagai dudukan untuk memberikan grip.

Sementara itu, disisi belakang terdapat port microUSB sebagai media masuknya daya serta penjepit ventilasi ac mobil.

Bergantung adapter

Metode pengujian kali ini lebih menceritakan pada pengalaman penggunaan. Sebelumnya kami mengunduh aplikasi Ampere dari Google Play Store untuk membantu mendapatkan gambaran besaran arus yang masuk ke smartphone.

Pengujian pertama kami menggunakan perangkat Samsung Galaxy Note FE. Choetech Wireless Charger kami pasang di Nissan Grand Livina. Karena belum memiliki port USB, adapter dari lighter ke USB jadi pilihan. Kemudian tinggal menghubungkan kabel dari adapter ke wireless charger.

Pengalaman yang kami dapatkan saat mengisi Samsung Galaxy Note FE selama 27 menit cukup menarik. Daya yang terisi selama 27 menit hanya 8% saja. Selama proses pengisian berlangsung, kami pun terus memantau besaran arus yang tidak stabil. Angka terendah ada di 7 mA. Angka tertinggi di 980 mA. Perangkat kami juga tidak menunjukan status Fast Charging.

Penasaran kami pun mencoba kembali, kali ini di mobil Mazda 2 dengan menggunakan perangkat iPhone. Lagi-lagi kami mendapatkan hasil yang cukup menarik. Selama satu jam empat menit perangkat iPhone kami pasangkan ke wireless charger milik Choetech. Namun lagi-lagi wireless charger tidak menunjukan kemampuan fast charging-nya. Dayanya hanya bertambah sebanyak 20 persen saja.

Karena percobaan pada dua kendaraan tidak mendapatkan hasil yang maksimal, kami mencoba untuk menggunakan Choetech Wireless Charger pada soket listrik dengan adapter bawaan Samsung Galaxy Note FE. Disini kami baru mendapatkan status Fast Charging Wireless dengan rata-rata jumlah arus yang masuk sebesar 1170 mA.

Kesimpulan

Dari beberapa pengujian yang kami lakukan, satu hal yang kami suka adalah proses instalasinya yang mudah. Namun, Choetech Wireless Charger sedikit kesulitan mengisi perangkat secara cepat ketika terpasang pada mobil. Menariknya, perangkat pengisian ini justru bisa mengisi lebih cepat ketika menggunakan adapter bawaan dan dihubungkan dengan soket listrik.

Kesimpulan kami, jika Sahabat Tek ingin menggunakan perangkat ini pada kendaraan pribadinya, baiknya siapkan juga adapter yang mendukung Fast Charging dan memastikan bahwa sudah mendukung port dengan arus listrik 2 ampere.

Dua pengujian kami diatas gagal mendapatkan kondisi pengisian cepat dikarenakan hanya menggunakan adapter biasa. Namun ketika menggunakan adapter bawaan perangkat dan memang mendukung fast charging, perangkat ini bisa mengisi Samsung Galaxy Note FE hingga 50 persen daya baterai dalam kurun waktu kurang lebih satu jam.

 
Choetech Wireless Charger
Bagus ...
  • Desain unik
  • Instalasi mudah
  • Support fast charging
Kurang ...
  • Bahan agak ringkih
  • Hanya support port microUSB
  •  

 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: