sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
Rabu, 23 Sep 2020 11:59 WIB

Cara mudah kembalikan file yang sudah terhapus di Windows 10

Ada beberapa cara mudah untuk mengembalikan data yang terhapus di komputer Anda. Jadi Anda tidak perlu panik dan ikuti tips berikut ini.

Cara mudah kembalikan file yang sudah terhapus di Windows 10

Kita pastinya pernah menghadapi situasi dimana kehilangan file atau folder yang tak sengaja terhapus, terutama bagi pengguna PC atau laptop. Tidak perlu khawatir. Sebenarnya, file-file tersebut masih berada di komputer Anda, hanya saja berupa data yang tidak bisa Anda lihat.

Ada beberapa cara untuk mengembalikan file yang hilang tergantung dari bagaimana file atau folder tersebut terhapus. Jika file atau folder yang berisi dokumen, foto, video, dihapus menggunakan tombol Delete, Anda bisa menemukan file atau folder tersebut pada Recycle Bin.

Caranya Anda hanya perlu membuka Recycle Bin, pilih file atau folder yang ingin dipakai kembali, kemudian pilih menu ‘Restore the selected items’. File atau folder tersebut sekarang bisa ditemukan pada Desktop Anda.

Hanya saja, proses untuk mendapatkan file atau folder yang terhapus dari Recycle Bin atau dihapus menggunakan menu Shift + Delete akan berbeda. Disini Anda tidak bisa lagi mengandalkan menu yang ada pada Recycle Bin. Pada kasus ini Anda bisa mengandalkan file backup jika Anda memilikinya, jika tidak Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti aplikasi EaseUS Data Recovery.

EaseUS Data Recovery merupakan aplikasi yang disiapkan untuk mendapatkan file atau folder yang terhapus. Aplikasi ini sudah terbukti selama lebih dari satu dekade untuk menangani berbagai situasi kehilangan data. Contohnya mengembalikan data yang terhapus, pemulihan data yang terformat, pemulihan data setelah serangan virus, kerusakan atau kesalahan sistem, dan banyak lagi.

Aplikasi ini tak hanya bisa mengembalikan file yang berada di PC atau laptop Anda, namun juga telah membantu banyak pengguna untuk mengembalikan file yang dihapus dari hard drive eksternal, kartu memori, juga USB.

Sekarang bagaimana cara mendapatkan file yang hilang menggunakan aplikasi EaseUS. Langkah pertama tentu saja mengunduh aplikasi EaseUS melalui link berikut ini Link. Unduh kemudian instal pada PC atau laptop Anda. Anda membutuhkan sekitar 34.92MB untuk memasang aplikasi ini di PC atau laptop Anda.

Hal yang menarik dari aplikasi EaseUS ini adalah tampilannya yang minimalis dan mudah dimengerti. Pada menu utama, Anda akan dihadapkan pada kumpulan storage yang terdapat pada sistem Anda untuk mulai mencari file atau data yang hilang.

Aplikasi ini juga menawarkan lokasi spesifik seperti Desktop, Recycle Bin, atau folder tertentu. Dengan begini Anda memiliki banyak pilihan untuk mulai mencari data Anda. Ingin mencari secara luas atau lebih spesifik ke folder tertentu saja.

Pilih salah satu dan biarkan aplikasi EaseUS memindai seluruh data pada sistem Anda. Setelah proses pemindaian selesai Anda bisa mencari file atau data berdasarkan lokasi terhapus atau menggunakan kolom pencarian untuk lebih mudahnya. Tandai file yang akan di ‘restore’, klik tombol Recover, kemudian pilih lokasi file atau data tersebut akan dikembalikan (Desktop), klik OK dan Save. File tersebut kini sudah bisa ditemukan pada Desktop Anda.

Sebagai catatan, file yang sudah terhapus ini bisa kami restore meski dihapus menggunakan metode Shift + Delete. Kami juga sudah mencoba untuk me-restart komputer untuk mengecek apakah aplikasi EaseUS masih bisa menemukan file yang terhapus tersebut. Nyatanya masih bisa.

Aplikasi ini bisa kalian unduh melalui link berikut Link. Selama masa Trial kalian bisa mengembalikan file atau data apa pun dengan maksimal ukuran sebesar 200MB. Selamat mencoba.

Editor
Share
×
tekid
back to top