sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
Selasa, 06 Feb 2024 20:01 WIB

Bocoran prosesor baru Apple mencuat, pakai teknologi baru TSMC

Dalam sebuah bocoran terbaru, prosesor baru Apple yang diduga bernama A18 akan menggunakan teknologi fabrikasi N3E milik TSMC.

Bocoran prosesor baru Apple mencuat, pakai teknologi baru TSMC

Apple sebentar lagi akan memperkenalkan smartphone terbaru mereka, yakni iPhone 16 Series. Seperti biasa, mereka akan memperkenalkan apa saja yang baru di perangkat tersebut, termasuk memperkenalkan prosesor baru. 

Dan baru-baru ini, bocoran mengenai prosesor terbaru Apple, yakni A18 muncul di beberapa sumber. Informasi prosesor ini hadir pada kode iOS 18 yang bocor, menampilkan beberapa informasi yang cukup penting.

Salah satunya adalah kembalinya digunakannya TSMC untuk memproduksi chipset tersebut. Namun, jika A17 Pro dibuat menggunakan teknologi fabrikasi 3nm, A18 akan menggunakan teknologi fabrikasi terkini yakni N3E.

Teknologi fabrikasi ini sama dengan prosesor terbaru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 8 Gen 4 dan MediaTek Dimensity 9400. Sangat menarik melihat apa yang dapat dilakukan oleh perusahaan asal Cupertino tersebut dalam sisi performa.

Selain itu, Wccftech (6/2) melaporkan bahwa Apple akan membawa A18 ke iPhone 16 dan iPhone 16 Plus. Sedangkan varian A18 Pro akan hadir di sebuah perangkat yang masih belum diumumkan oleh Apple.

Dalam beberapa bocoran, soal performa, A18 Pro akan memiliki hasil benchmark single-core yang cukup meninggalkan kompetitornya. Meski demikian, hasil benchmark untuk multi-core nya masih tertinggal dari kedua pesaing terdekat mereka.

Selain prosesor, peningkatan lain yang akan hadir di iPhone 16 Series adalah peningkatan di sisi kamera, yang kini mendukung hingga resolusi 48MP. Layarnya juga akan mendapatkan upgrade ukuran hingga 6,9 inci dan juga akan mendukung AI generatif.

Peningkatan ini dikabarkan dilakukan oleh perusahaan yang kini dipimpin Tim Cook tersebut untuk meningkatkan kembali penjualan di Tiongkok, yang pada tahun 2023 dikabarkan mengalami penurunan. Namun, analis Ming-Chi Kuo memperkirakan bahwa Apple akan tetap mengalami penurunan pengiriman sebesar 15 persen tahun ini karena iPhone 16 tidak memiliki fitur yang menarik.

Namun, Apple bukan satu-satunya perusahaan yang terdampak parah oleh perlambatan ekonomi, karena perusahaan teknologi lain juga mengalami hal yang sama. Namun, iPhone adalah sumber pendapatan utama bagi Apple.

Share
×
tekid
back to top