sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
Rabu, 22 Mei 2024 17:05 WIB

Autodesk akuisisi startup VFX bertenaga AI, Wonder Dynamics

Wonder Dynamics, startup yang memungkinkan para kreator untuk dengan cepat dan mudah membuat karakter dan efek visual kompleks menggunakan analisis gambar bertenaga AI.

Autodesk akuisisi startup VFX bertenaga AI, Wonder Dynamics

Autodesk, raksasa perangkat lunak 3D, mengumumkan akuisisinya terhadap Wonder Dynamics, sebuah startup yang memungkinkan para kreator untuk dengan cepat dan mudah membuat karakter dan efek visual kompleks menggunakan analisis gambar bertenaga AI. Kolaborasi antara kedua perusahaan yang telah terjalin selama bertahun-tahun kini resmi diumumkan.

Wonder Dynamics, yang didirikan oleh seniman VFX Nikola Todorovic dan aktor Tye Sheridan, telah mengembangkan Wonder Studio, alat andalan mereka, yang memungkinkan penambahan karakter CG hasil tangkapan gerak ke dalam rekaman hanya dengan menyeret ikon ke aktor. Meskipun dapat digunakan dengan mudah, Wonder Studio tetap merupakan alat profesional yang menyediakan semua fitur mocap, animasi, dan masking yang dibutuhkan oleh para pekerja VFX.

Sejak awal, Todorovic dan Sheridan menegaskan bahwa tujuan mereka adalah untuk memberdayakan kreator, bukan menggantikan mereka. "Kami datang dari dunia ini," kata Todorovic. "Tye dan saya adalah seniman; kami menciptakan ini untuk memungkinkan seniman melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak mungkin."

Dilansir dari TechCrunch (22/5), Wonder Dynamics pertama kali debut pada tahun 2021, saat mereka masih dalam mode stealth setelah mengumpulkan dana awal sebesar $2,5 juta. Mereka kemudian mengumpulkan tambahan $10 juta pada tahun yang sama dan mengembangkan Wonder Studio menjadi platform berbasis web sepenuhnya.

Autodesk, penyedia Maya, salah satu perangkat lunak 3D terkemuka dan paling lama bertahan dalam produksi media, tertarik dengan inovasi Wonder Dynamics. Tahun lalu, integrasi dengan Maya melalui plug-in telah dilakukan untuk mempermudah proses di studio karakter. “Kami telah mencoba menjembatani yang lama dengan yang baru, membuat hal-hal menjadi mungkin dalam alur kerja yang sudah digunakan oleh para seniman,” kata Sheridan.

Isu terkait AI dalam media, mulai dari film hingga iklan dan musik, sering kali dipahami secara keliru. Todorovic dan Sheridan menekankan bahwa teknologi ini dimaksudkan untuk melengkapi proses kreatif, bukan menggantikannya. “Orang-orang berpikir kita akan mulai membuat film dengan AI, tetapi mereka yang berpikir seperti itu tidak benar-benar memahami industri ini atau keterbatasan alat-alat tersebut,” kata Sheridan.

Setelah akuisisi, kedua pendiri bersama seluruh staf Wonder Dynamics akan bergabung dengan Autodesk. Todorovic menegaskan bahwa tidak akan ada perubahan besar dalam waktu dekat dan perubahan yang terjadi nantinya akan menguntungkan pengguna.

“Itulah masalahnya dengan startup: Anda harus memilih dan memilah arah mana yang akan diambil,” ujar Todorovic. Akuisisi oleh Autodesk diharapkan dapat mempercepat dan memperluas perkembangan mereka.

Diana Colella, EVP Entertainment & Media Solutions di Autodesk, mengungkapkan bahwa akuisisi ini sangat sesuai dengan strategi mereka. "Autodesk telah mengembangkan teknologi AI selama lebih dari satu dekade dan telah memperkenalkan beberapa alat AI ke dalam produk M&E kami saat ini," tulisnya dalam email.

Fokus langsung mereka adalah menjaga kontinuitas. Tidak akan ada perubahan besar seperti peralihan akun atau perubahan total merek dalam waktu dekat. Jika Anda penggemar Wonder Studio, kemungkinan besar Anda sudah menggunakan Maya.

Dengan akuisisi ini, para kreator VFX dapat berharap pada perkembangan lebih lanjut dan alat-alat baru yang lebih canggih, yang akan semakin mempermudah proses kreatif mereka dalam industri film dan media.

Share
×
tekid
back to top