sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Sabtu, 01 Okt 2022 11:16 WIB

ASUS ExpertBook B3000 jadi laptop detachable dengan prosesor Snapdragon 7c Gen2 pertama di Indonesia

ASUS telah mengumumkan kehadiran ExpertBook B3000 di Indonesia dalam waktu dekat. Laptop detachable ini diperkuat dengan prosesor Snapdragon 7c Gen2.

ASUS ExpertBook B3000 jadi laptop detachable dengan prosesor Snapdragon 7c Gen2 pertama di Indonesia

ASUS telah mengkonfirmasi bahwa mereka siap menghadirkan ExpertBook B3 Detachable (B3000) ke pasar Indonesia dalam waktu dekat. ExpertBook B3000 sendiri adalah sebuah laptop edukasi bersistem operasi Windows 11 dengan desain portabel dan fleksibel. Perusahaan asal Taiwan itu mengklaim bahwa ExpertBook B3000 merupakan laptop pertama di Indonesia yang ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 7c Gen2.

Tanpa keyboard dan cover stand, ExpertBook B3000 memiliki bobot hanya 595 gram dengan ketebalan sekitar 1 cm. Hal ini membuat perangkat ini sangat portabel dan mudah untuk dibawa bepergian. Prosesor Snapdragon 7c Gen2 yang diusungnya diklaim menjadikannya sangat irit daya baterai hingga penggunaan 21 jam.

Kapasitas baterai dari perangkat ini adalah 38 Wh. Tidak ketinggalan pula kemampuan pengisian cepat (fast charging) sehingga baterainya dapat terisi hingga 50% dalam waktu pengisian selama 29 menit.

Seperti namanya, ExpertBook B3000 juga merupakan sebuah laptop detachable. Artinya keyboard fisiknya dapat dilepas dengan mudah sehingga perangkat ini bisa digunakan dalam mode tablet untuk aktivitas yang membutuhkan interaksi menggunakan layar sentuh. Sebelumnya telah dijelaskan bahwa perangkat ini hadir dengan cover stand. Aksesori tambahan ini dirancang khusus agar laptop dapat didirikan secara horizontal maupun vertikal.

Cara memasang dan membuka keyboard yang dimilikinya sangat mudah. Pasalnya, keyboard ini hadir dengan mekanisme magnet yang langsung menempel jika didekatkan dengan perangkat ExpertBook B3000. Begitu juga dengan cover stand-nya, yang juga dilengkapi dengan mekanisme magnet. Memberikannya kemudahan saat dioperasikan.

Dengan sistem operasi Windows 11, ExpertBook B3000 diinformasikan memiliki kompatibilitas lebih baik dengan prosesor berbasis ARM sehingga aplikasi dapat berjalan lebih lancar. Tidak hanya itu, Windows 11 juga memiliki antarmuka yang lebih intuitif, khususnya untuk laptop detachable yang memiliki fitur layar sentuh.

Berbicara soal layar, laptop detachable ini mengusung panel LCD berbasis penerangan LED dengan ukuran 10,5 inci. Resolusi layar yang dimilikinya adalah WUXGA (1920 x 1200 piksel) dengan aspect ratio 16:10. Kecerahan maksimal dari layar ini adalah 320 nit serta mengusung color gamut sRGB 121%.

Demi mendukung aktivitas para pelajar yang beragam, perangkat dengan kapasitas penyimpanan internal 128 GB tersebut dilengkapi dengan stylus yang dapat disimpan di kompartemen khusus yang terintegrasi di bodi laptop. ExpertBook B3000 memiliki kamera beresolusi 13 MP di bagian belakang dan kamera beresolusi 5 MP di bagian depan.

ASUS belum mengumumkan harga dari laptop ExpertBook B3000. Ini akan hadir di Indonesia pada sekitar pertengahan Oktober.

Share
×
tekid
back to top