sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
Sabtu, 25 Apr 2020 11:59 WIB

Aplikasi ini bantu kamu tetap bugar selama puasa Ramadan

Kita perlu juga ikhtiar agar lebih sehat saat berpuasa sembari melakukan kegiatan sehari-hari, termasuk berolahraga atau atau berbuka sesuai tuntunan Rasulullah.

Aplikasi ini bantu kamu tetap bugar selama puasa Ramadan
Source:

Saat ini kita sudah masuk ke bulan suci Ramadan 1441 Hbertepatan dengan 24 April 2020 untuk tahun Masehi. Bagi seluruh umat muslim, bulan Ramadan adalah saatnya untuk melakukan ibadah puasa selama sebulan penuh. Karena kita tidak makan dan minum selama lebih dari 12 jam, tentu saja wajib untuk kita menjaga kesehatan agar dapat melaksanakan puasa penuh hingga hari Idul Fitri tiba.

Memang, ada hadist yang mengatakan puasa itu menyehatkan, saya pun mempercayai hal tersebut. Tetapi sebagai umat muslim yang taat kepada Allah SWT, kita perlu juga ikhtiar agar lebih sehat saat berpuasa sembari melakukan kegiatan sehari-hari, termasuk berolahraga atau atau berbuka sesuai ketentuan sunah Rasulullah. Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu kamu tetap bugar selama melakukan ibadah puasa. Berikut beberapa aplikasinya:

1. Ramadan Workout & Meal Plan

Aplikasi ini didesain untuk menurunkan berat badan dengan cara yang cepat dan aman hanya dalam 30 hari. Selain memiliki latihan yang sistematis, aplikasi ini juga menyediakan rencana diet yang kamu inginkan. Ramadan Workout & Meal Plan juga menyediakan Meal Planner harian sehingga menjadikan perencanaan makanan lebih mudah dan meyenangkan.

Ada pula rutinitas latihan harian untuk seluruh otot utama. Hanya dalam beberapa menit sehari, kamu dapat menjaga tubuh agar tetap sehat di rumah tanpa harus keluar. Aplikasi ini tidak memerlukan instruktur, semua latihan dapat dilakukan secara mandiri.

Tidak berhenti di situ saja, aplikasi ini juga menyediakan latihan untuk perut, dada, kaki, lengan, dan bokong serta latihan seluruh tubuh. Sang developer, Magic World Tech, mengkliam bahwa seluruh latihan yang ada di aplikasi telah dirancang oleh para ahli. Kamu tidak memerlukan perlengkapan apapun, jadi lebih mudah dilakukan. Meskipun hanya membutuhkan beberapa menit sehari, Ramadan Workout & Meal Plan menjanjikan pengencangkan otot secara efektif. Kamu dapat mengunduh ini secara gratis di Google Play Store.

 

2. Jurus Sehat Rasulullah (JSR)

Terkadang beberapa dari kita suka lapar mata menjelang berbuka puasa (saya adalah salah satunya). Tetapi perlu diingat bahwa memakan makanan atau memimun minuman dengan porsi yang banyak tanpa memikirkan asupan gizi yang cocok saat berbuka puasa adalah hal yang harus dihindari. Oleh karena itu, aplikasi JSR hadir untuk memberi informasi makanan yang sesuai sunnah Rasul.

Di dalam aplikasi ini, terdapat banyak sekali menu minuman yang disarankan, termasuk yang baik untuk berbuka puasa. Hal ini tentu saja berujung pada kesehatan kita selama melakukan ibadah tersebut. Beberapa menu di dalam aplikasi ini adalah Infused Water Apel, Infused Water Kurma, Infused Water Standar, Infused Water Semangka, menu untuk detox, dan masih banyak pilihan lain.

Jika memilih salah satu menu minuman, di dalamnya terdapat bahan-bahan pembuatnya. Misalnya, jika kamu ingin membuat Infused Water Apel, bahan yang diperlukan adalah 1 buak apel, 1 batang kayu manis, dan air matang 250 hingga 300 ml. Selain itu, ada pula informasi khasiat masing-masing minuman. Contoh, Infused Water Apel berguna untuk meluncurkan lemak di perut, mengatur metabolisme, menurunkan berat badan, mengontrol kadar gula darah, dan sebagainya.

 

3. Plank Workout

Aplikasi ini menyediakan variasi olahraga plank (menempatkan kedua sisi tangannya) yang berbeda untuk membantu kamu tetap bugar selama bulan puasa. Sama seperti Ramadan Workout & Meal Plan, aplikasi ini tidak memerlukan peralatan apapun untuk melakukan olahraga di dalam rumah. Aneka olahraga plank yang ada di dalam aplikasi ini dapat membantu kamu membakar lemak dengan cepat, dan hanya membutuhkan durasi 7 menit sehari.

Dengan tiga tingkat kesulitan, rencana penurunan berat badan selama 30 hari sangat cocok untuk semua tingkat kebugaran. Ya, waktu 30 hari cocok untuk dilakukan selama bulan puasa. Kamu dapat menyesuaikan rencana latihan sesuai preferensi sendiri.

Menurut developer aplikasi ini, Leap Fitness Group, plank adalah latihan pembakaran lemak yang paling populer dan efektif. Cara olahraga ini dapat dengan mudah dilakukan dan mengaktifkan semua otot kamu, temasuk bahu lengan, pundak, dan sebagainya. Plank juga disebut pilihan terbaik untuk orang-orang dengan lutut lemah karena olahraga ini tidak memberi tekanan pada lutut.

Aplikasi ini menyediakan pengingat latihan yang dapat disesuaikan sehingga membantu kamu membuat latihan plank harian. Ada pula instruksi terperinci, animasi, dan video yang dapat memandu kami melalui setiap latihan.

 

4. Jurus Sehat ala Zaidul Akbar

Seperti aplikasi JSR yang telah saya jelaskan sebelumnya, aplikasi ini memberikan pola hidup sehat berdasarkan apa yang kita konsumsi. Jika JSR lebih banyak menyajikan tips kesehatan berdasarkan minuman, maka aplikasi Jurus Sehat ala Zaidul Akbar berfokus pula pada makanan.

Dalam aplikasi ini terdapat cara hidup sehat cara Rasulullah yang mudah diterapkan, beserta beberapa tips kesehatan yang terangkum agar lebih mudah dipelajari. Diat sehat ala Rasulullah di Indonesia sendiri mulai diperkenalkan ke publik oleh seorang dokter bernama Zaidul Akbar.

Ada banyak menu makanan sehat untuk berbuka puasa atau dikonsumsi selesai tarawih. Beberapa menu makanan di antaranya adalah Gajinamul (Salad Terong Korea), Ratatoulie, Guacamole (dengan sentuhan lokal), Almond Milk Milk Fruit Soup, Sandwich Tempe, dan masih banyak lagi. Ada juga resep untuk beberapa penyakit seperti pelancar darah Detox usus, diabetes, batu empedu, dan lain-lain.

Menu ini dapat diterapkan setelah berbuka puasa agar kamu lebih bugar. Secara keseluruhan, aplikasi ini memiliki antarmuka pengguna yang cukup intuitif, meski beberapa kali tampil iklan.

 

5. 7 Minute Workout

Dari nama aplikasinya, dapat diketahui bahwa aplikasi ini bisa membantu kamu berolahraga hanya dalam durasi 7 menit saja. Dengan demikian, ini dapat dilakukan dengan mudah di rumah saat berpuasa sekalipun.

Developer aplikasi Simple Design Ltd mengatakan bahwa latihan yang ada di dalamnya berdasarkan pada pelatihan intensitas tinggi (HICT) yang digadang-gadang paling aman, paling efektif, dan paling efisien untuk meningkatkan kebugaran otot dan aerobik. Dan tentu saja, bisa membuat kamu tetap sehat.

Aplikasi ini terdiri dari hanya 12 latihan yang harus dilakukan selama 30 detik, dengan waktu istitrahat selama 10 detik antara setiap latihan. Kamu tidak akan memerlukan peralatan apapun, karena hanya mengandalkan dinding dan kursi selama berolahraga.

Saat berolahraga, kamu juga dapat menjeda (pause), atau melewati (skip) gerakan olahraga. Kamu pun dapat mengulangi gerakan olahraga sebelumnya. Ini dapat membuat kamu lebih nyaman saat melakukan gerakan favorit. Antarmuka penggunanya mudah dimengerti sehingga kamu dapat lebih berfokus pada latihan.

Nah, itu dia beberapa aplikasi yang dapat membuat kita lebih sehat, Sahabat Tek! Jadi intinya, meski ketika sedang berpuasa, kita harus tetap berolahraga supaya keadaan tubuh tidak terlalu lemas. Hal yang perlu diingat adalah bahwa waktu untuk berolahraga disarankan satu jam sebelum berbuka.

Share
back to top