AMD segera luncurkan Ryzen generasi ketiga

Prosesor Ryzen generasi ketiga ini akan menggunakan arsitektur Zen 2, yang siap meluncur pada pertengahan 2019 mendatang.

AMD segera luncurkan Ryzen generasi ketiga Ryzen (AMD)

AMD pada akhirnya mengkonfirmasi keberadaan prosesor desktop terbaru mereka, yakni Ryzen generasi ketiga pada pagelaran CES 2019. Seperti informasi yang sudah beredar, prosesor ini akan berpondasi arsitektur Zen 2.

Seperti biasa, AMD kembali menggunakan soket AM4, yang memang sudah digunakan semenjak Ryzen generasi pertama dikeluarkan. Namun, untuk berjalan dengan sempurna, pengguna harus mengganti motherboard mereka ke X570 PCH.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Hyundai pamerkan teknologi AR di mobil

LG pamerkan monitor super lebar di CES 2019

Google lebarkan sayap Google Assistant melalui CES 2019


Prosesor AMD Ryzen seri 3000 akan diluncurkan secara resmi pada pertengahan 2019. Pemilihan ini terbilang tepat, mengingat pagelaran Computex akan berlangsung di kisaran waktu itu.

Arsitektur inti Zen 2 dibangun dengan teknologi 7nm generasi lanjutan hasil pabrikasi TSMC. Prosesor ini memungkinkan efisiensi daya yang lebih tinggi, kecepatan clock yang lebih tinggi, dan merupakan lompatan besar dalam arsitektur CPU.

Wccftech (10/1) melaporkan, prosesor dengan 8 core dan 16 thread berukuran 7nm ini cukup kecil. Konfigurasi ini mirip dengan prosesor EPYC Rome.

Soal kemampuan, AMD juga sedikit membocorkan bagaimana performa Ryzen 3000. Saat memainkan gim Forza Horizon 4, mereka berhasil mendapatkan fps di angka lebih dari 100 FPS pada resolusi 1080p, tentu dengan GPU Radeon RX Vega VII andalan mereka.

Saat menjalankan software Cinebench R15 dan diadu dengan Core i9-9900K, Ryzen berhasil mencetak 2057 poin dengan konsumsi daya di angka maksimal 133,4W.

Sedangkan Core i9 9900K yang menggunakan 8 inti dan 16 thread di kecepatan standar, berhasil mencetak 2040 poin dengan konsumsi daya maksimal 179,9W

Berbicara soal motherboard, X570 juga akan datang dengan software Precision Boost Overdrive dan XFR 2.0. Ada juga kemampuan lain yang cukup menarik perhatian, yakni hadirnya dukungan PCIe Gen4.

Sama seperti prosesor Ryzen generasi ketiga, peluncuran motherboard X570 juga akan dilakukan di Computex 2019. Sayang, mereka tidak memberikan keterangan lebih lanjut terkait dua produk tersebut.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: