CES 2019

Sepeda pun pakai asisten pintar, Alexa

Bukan sekadar gadget canggih yang punya asisten pintar, sebuah sepeda pun saat ini punya asisten pintar.

Sepeda pun pakai asisten pintar, Alexa Source: Engadget

Sepeda punya asisten pintar? Jangan heran. Di CES 2019 hal ini bisa terjadi. Dilansir dari Engadget (10/1), Cybic E-Legend merupakan sepeda pertama di dunia yang berbekal asisten pintar Amazon, Alexa. Sepeda ini merupakan sepeda hybrid, yang menggunakan pedal dan listrik sebagai tenaga penggerak.

Sebagai sebuah sepeda, Cybic E-Legend memiliki konsep desain yang unik. Terdapat layar kecil di dekat stang kemudi. Di sini pula penempatan sebuah speaker kecil dan mikrofon untuk jarak jauh. Menurut Engadget, Alexa pada Cybic E-Legend cukup sensitif untuk mendengarkan perintah dari penggunanya.


BACA JUGA

Hyundai pamerkan teknologi AR di mobil

LG pamerkan monitor super lebar di CES 2019

Google lebarkan sayap Google Assistant melalui CES 2019


Sayangnya, speaker bawaan sepeda ini terlalu kecil untuk didengarkan di luar ruangan. Cara terbaik adalah dengan menghubungkannya ke headset bluetooth. Kendala lain adalah hadirnya Alexa menunjukkan bahwa sepeda canggih ini membutuhkan jaringan internet agar Alexa dapat berfungsi. Nah, jika keadaan sinyal kurang baik, sepeda ini tak ubahnya seperti sepeda hybrid pada umumnya. Sepeda ini dilaporkan dapat menunjukkan arah bahkan mengirim pesan ke orang tertentu jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Cybic E-Legend juga berbekal tiga tombol pada batangan utamanya. Ketiga tombol tersebut akan berfungsi untuk mengaktifkan kamera, menyalakan lampu dan masuk ke mode “Park”. Jika diaktifkan, sepeda yang sedang diparkir akan mengunci roda belakang secara otomatis. Tak hanya itu, dukungan GPS juga diberikan untuk menghindari kemungkinan pencurian.

Sayangnya, untuk saat ini baru UK saja yang dipastikan akan menerima kehadiran perdana sepeda ini.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: