4 langkah murah bikin laptop lama Anda seperti baru

Ternyata, untuk membuat sebuah laptop lama serasa baru sangat mudah. Salah satunya mengganti hard disk dengan SSD WD Blue.

4 langkah murah bikin laptop lama Anda seperti baru Ilustrasi frustasi dengan laptop (pexels)

Memiliki laptop yang lemot pastinya menjengkelkan. Biasanya, kelambatan ini terjadi pada laptop yang sudah berumur. Bisa jadi masalahnya ada di bagian hardware perangkat tersebut. Hardware leaptop tua seringkali mengalami penurunan performa dan sudah cukup usang.

Nah, pada kesempatan kali ini, tim Tek.id akan memberikan Anda tips mudah dan murah untuk membuat laptop lama Anda kembali memiliki performa seperti baru. Penasaran? Yuk kita simak tips berikut ini!


BACA JUGA

Tips buat PC gaming lawas jadi terasa baru hanya dengan Rp1,5 juta

WD kenalkan SSD khusus untuk gamer

Western Digital tutup pabrik HDD


Bersihkan laptop

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membersihkan laptop. Ada beberapa cara untuk melakukan hal ini. Cara pertama adalah membersihkannya dengan kain halus dan cairan pembersih yang tidak keras bisa menjadi pilihan yang baik.

Untuk bagian luar, Anda bisa menggunakan alkohol 70 persen atau menggunakan minyak kayu putih maupun minyak telon. Hal ini lumayan ampuh untuk mengangkat beberapa kotoran yang menempel di bagian casing.

Sedangkan untuk layar, sebaiknya Anda tidak menggunakan carian keras seperti yang sudah kami sebutkan di atas. Sebaiknya, Anda membeli cairan khusus untuk membersihkan layar atau menggunakan cairan pembersih kacamata.

Nah, kalau Anda ingin membuat casing terlihat lebih baru, ada beberapa pilihan. Salah satunya adalah dengan membungkusnya kembali dengan stiker.

Bersihkan bagian dalam laptop

Hal yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah melakukan pembersihan di bagian dalam laptop. Untuk membuka laptop, kini sudah banyak tutorial di YouTube atau situs lainnya. Jika Anda tidak nyaman untuk melakukan hal ini, Anda bisa membawa laptop ke tempat service.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba sendiri, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah membersihkan bagian kipas dan pendingin laptop. Selain itu, bersihkan juga semua bagian motherboard dengan menggunakan kuas lembut atau menggunakan kain lembut tanpa menggunakan air.

Kami juga menyarankan untuk mengganti thermal paste di bagian CPU dan GPU, untuk mengembalikan performa pendinginan.

Tambah kapasitas RAM

Nah, setelah sedikit memoles kembali tampilan dari laptop agar kelihatan seperti laptop baru, kami menyarankan untuk meningkatkan performa dari laptop lama Anda. Kebanyakan, laptop yang diproduksi lebih dari tiga tahun lalu hanya hadir dengan RAM sebesar 4GB. Hal ini tidak cukup untuk menangani kebutuhan saat ini.

Ada dua pilihan yang bisa Anda lakukan. Yang pertama adalah langsung menambahkan satu stik RAM lagi, bila memang terdapat slot tambahan. Apabila laptop Anda tidak memiliki slot tambahan, artinya Anda harus mengganti kapasitas RAM dalam laptop dengan yang lebih besar.

Pastikan Anda membeli RAM yang tepat. Cek apakah RAM yang ada di laptop menggunakan DDR3 atau DDR4. Cek juga kecepatan RAM tersebut, dan usahakan membeli RAM baru dengan spesifikasi yang sama.

Ganti hard disk dengan SSD

Salah satu hal yang bisa membuat laptop lama Anda seperti baru adalah dengan mengganti hard disk (HDD) dengan SSD. Sudah bukan zamannya lagi berpikir investasi SSD itu mahal. Pasalnya vendor SSD sekarang sudah banyak memproduksi SSD berkualitas berharga terjangkau.

Pilihan terbaik adalah WD Blue dari Western Digital. Menggunakan teknologi 3D NAND 64-layer, SSD ini memiliki kecepatan yang jauh lebih besar dari HDD. Saat kami uji, kecepatan Write dan Read-nya masing-masing mencapai 504,5MB/s dan 492,1MB/s. Sedangkan untuk kecepatan Write dan Read HDD hanya 76MB/s dan 62,39MB/s.

Harga yang ditawarkan pun terbilang sangat terjangkau. Untuk kapasitas 250GB saja hanya dihargai Rp755 ribu. Tapi, kami lebih menyarankan Anda untuk mengambil yang berkapasitas 1TB, karena hanya dibanderol Rp3 juta-an saja.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: