sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Selasa, 19 Apr 2022 16:01 WIB

WD Black SN770, SSD buat gamer yang suka ngebut

Meski masih menggunakan PCIe Gen 4.0, Western Digital berhasil mendorong kecepatan WD Black SN770 di atas 5GB/s.

WD Black SN770, SSD buat gamer yang suka ngebut

Dengan hadirnya platform baru dari Intel PCIe Gen 5.0, semakin banyak gamer yang menginginkan sebuah penyimpanan yang sangat cepat. Tapi, hingga saat ini masih belum ada SSD PCIe Gen 5.0 untuk pengguna mainstream.

Sebagai gantinya, para produsen SSD terus mendorong perangkat SSD PCIe Gen 4.0 mereka hingga ke batas kemampuannya. Dan dengan kehadiran SN770, Western Digital ingin menunjukkan bahwa mereka sanggup mendorong SSD terbaik mereka ke limitnya.

Mereka masih menggunakan arsitektur tanpa DRAM, yang memang saat ini menjadi pilihan banyak produsen SSD. Namun, mereka dapat mendorong kecepatan WD Black SN770 ini melebihi 5GB/s.

Pengontrol yang mereka gunakan masih sama dengan pendahulunya, SN750. Tapi, mereka mendapatkan efisiensi yang lebih baik, dengan peningkatan kecepatan yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Jika dibandingkan dengan SN750, kecepatan SN770 lebih cepat hingga 40 persen. Sedangkan untuk dayanya, mereka mengklaim memiliki efisiensi daya hingga 20 persen. Hal ini dapat dilakukan karena menggunakan pengontrol SSD empat saluran tanpa DRAM dan flash TLC.

Hal ini membuat semua komponen, baik pengontrol dan bagian chip penyimpanan terdapat di bagian depan. Sedangkan di bagian belakang, tidak terdapat apapun alias kosong, yang menjadikan SSD ini lebih ringkas dan lebih mudah untuk didinginkan secara pasif.

Dalam paket penjualan, mereka mengklaim bahwa SSD ini dapat menembus kecepatan read 5150 MB/s, dimana cukup kencang di kelasnya. Dan saat melakukan pengujian, kami benar-benar terkejut dengan hasil yang kami dapatkan.

Sebelum masuk ke hasil pengujian, unit yang kami uji kali ini merupakan varian 1TB. Kalian bisa mendapatkan SSD ini dengan varian 250GB, 500GB, 1TB, dan 2TB. Sayang sekali, tidak ada varian 4TB untuk model ini.

Kalian dapat mengunduh aplikasi WD Dashboard, dimana akan menyediakan beberapa informasi yang berguna. Kalian juga akan mendapatkan menu bernama “Game Mode” yang dapat membuat SN770 sedikit lebih kencang.

Dalam pengujian yang kami lakukan, peningkatan performa yang dihadirkan SSD ini benar-benar tak masuk akal. Dibandingkan dengan WD Black SN750 SE tahun lalu, peningkatan performanya sangat signifikan.

Sebagai informasi, kami menggunakan PC dan laptop untuk melakukan pengujian. Dan di antara kedua perangkat tersebut, hanya terdapat perbedaan 1MB/s saja, dimana cukup mengejutkan.

 

 

Dan jika membandingkan antara mode Gamer dan mode standar, perbedaan performa WD Black SN770 tidak terlalu besar. Perbedaannya ada antara 1 hingga 2 persen, namun mengorbankan sedikit panas.

Selama pengujian, kami mendapatkan suhu dari SN770 di laptop sekitar 48 derajat Celcius dan di PC di kisaran 41 derajat Celcius untuk mode standar. Sedangkan untuk mode Gaming, kami mencatat 52 derajat Celcius di laptop dan di PC ada dikisaran 43 derajat Celcius.

Nah, dengan pengujian ini, kami dapat menyimpulkan bahwa SSD yang satu ini sebenarnya sebuah serigala berbulu domba. Meski di luar tidak terlihat bahwa SSD ini merupakan SSD yang kencang, namun ternyata performanya sangat gila untuk SSD PCIe Gen 4.0.

Untuk harga sendiri, di beberapa e-commerce, WD Black SN770 dijual di kisaran Rp2,6 juta hingga Rp2,7 juta untuk versi 1TB. Dengan membandingkan harga dan kemampuannya, tentu saja SSD ini merupakan SSD gaming terbaik yang ada di pasaran saat ini.

Tapi perlu diperhatikan adalah SSD yang satu ini tidak memiliki AES hardware encryption. Jadi, jika kalian membutuhkan perlindungan data secara hardware, kalian harus memperhatikan hal ini.

85
Western Digital Black SN770 SSD NVMe 4.0
 
Keunggulan
  • Kencang
  • Ukuran kompak
  • Hadir dengan aplikasi bawaan
 
Kekurangan
  • Tidak ada AES hardware encryption
  • Tidak ada kapasitas 4TB
  •  

 

Share
×
tekid
back to top