sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
Sabtu, 08 Jun 2024 09:34 WIB

HP ZBook Firefly 14 G10 : kencang, asik buat kerja

Dihargai Rp23 juta-an, HP ZBook Firefly 14 G10 memiliki performa yang cukup baik dengan desain yang cukup elegan.

HP ZBook Firefly 14 G10 : kencang, asik buat kerja

Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat mencari sebuah laptop yang cocok untuk bekerja. Bukan hanya dari segi performa saja, melainkan fitur juga harus mendukung pekerjaan serta memastikan memiliki keamanan data yang baik.

Oleh karena itu, HP meluncurkan ZBook Firefly 14 G10. Laptop ini hadir dengan prosesor AMD Ryzen Pro yang menawarkan performa yang sangat baik selain juga menawarkan fitur-fitur keamanan yang dapat dimanfaatkan pengguna.

Tapi, gimana rasanya menggunakan laptop yang satu ini? Kalau penasaran, berikut ini hasil rangkuman ulasan HP ZBook Firefly 14 G10!

Desain elegan cocok buat eksekutif yang ingin tampil kece

Dari sisi penampilan, HP ZBook Firefly 14 G10 hadir dengan tampilan yang elegan. Warna silver dengan logo HP chrome membuat tampilannya tidak kalah dengan laptop bisnis manapun, bahkan jika dibandingkan dengan MacBook sekalipun.

Body-nya cukup tipis dan ringan, sehingga dapat masuk dengan nyaman ke berbagai tas yang ada di pasaran saat ini. Selain itu, port-port yang tersedia juga cukup lengkap bagi kalian pebisnis yang menggunakan banyak gadget saat bekerja.

Pada bagian kiri terdapat dua port USB Type-C yang juga berfungsi sebagai pengisian daya, sebuah port USB 3.1, dan sebuah port HDMI.

Sedangkan di bagian kanan, terdapat satu port USB Type-C, sebuah USB 3.0, dan port jack audio 3,5mm.

Untuk keyboard sendiri, pengalaman penggunaan keyboard rasanya sangat nyaman untuk mengetik dalam waktu yang lama. Keyboardnya empuk, namun tidak seperti mengetik di atas papan yang keras serta memiliki penampang key yang cukup lebar.

Touchpadnya sendiri memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga sangat nyaman untuk digunakan. Meski lebar dan nyaman untuk digunakan, namun tetap saja penggunaan mouse menjadi pilihan kami saat melakukan pekerjaan.

Untuk bagian keamanan secara fisik, ada dua hal yang bisa membuat kalian lebih tenang. Yang pertama adalah hadirnya pemindai sidik jari, sehingga kalian tak perlu repot-repot mengetikkan password untuk masuk ke dalam laptop.

Selain itu, fitur pemindai sidik jari ini juga membuat kita dapat memasukkan ID dan password secara otomatis dengan aman. Soalnya, sebelum diinput secara otomatis, kita harus memindai sidik jari kita terlebih dahulu.

Dan yang kedua adalah manual Privacy shutter. Nah fitur ini hadir untuk memastikan kamera yang ada di perangkat tersebut tidak dapat menampilkan gambar meski telah diambil alih oleh peretas. Jadi memang fitur ini masih manual, namun lebih aman.

Layar lega, kerja lapang nonton nyaman

Seperti namanya, laptop ini hadir dengan layar 14 inci. Ukuran layar ini sangat pas untuk kalian yang sering kali membuka banyak tab tapi tak ingin memiliki laptop berukuran besar. Layarnya juga nyaman untuk digunakan, meski kami harus menatap layar ini lebih dari 8 jam sehari.

Layarnya sudah memiliki resolusi WUXGA, dimana dapat menampilkan detail yang sangat baik. Digabungkan dengan panel IPS, membuat pengalaman pengguna yang sangat kece, baik saat bekerja atau digunakan menyaksikan film.

HP mengklaim bahwa layarnya memiliki tingkat kecerahan hingga 400 nits, yang dimana cukup nyaman digunakan saat di dalam ruangan, tapi tidak di luar ruangan. Sedangkan untuk akurasi warnanya, mereka mengklaim sudah mencapai 100% sRGB.

Untuk audionya sendiri, laptop ini hadir dengan audio dari Bang & Olufsen. Terdapat dua speaker stereo dengan kehadiran HP World Facing Microphone dual array digital microphones. Bukan hanya outputnya saja yang memiliki kualitas yang sangat baik, melainkan juga input suaranya juga akan sangat baik.

Performa oke, baterai tahan lama

Untuk laptop yang satu ini, HP menggunakan posesor AMD Ryzen 7 7840HS. Performa dari prosesor yang satu ini sudah tak perlu diragukan lagi, baik untuk melakukan pekeraan biasa dan juga untuk melakukan editing dan lain hal.

Prosesor ini dipadukan dengan RAM 16GB yang dimana cukup untuk melakukan pekerjaan yang cukup berat. Sedangkan untuk penyimpanan, pengguna akan disuguhkan penyimpanan SSD NVMe sebesar 512GB. Berikut ini hasil benchmark yang telah kami lakukan.

Sedangkan untuk masa pakai baterainya, laptop yang menggunakan prosesor AMD ini memiliki masa pakai baterai yang cukup lama. Selama pengujian, kami dapat menggunakannya untuk bekerja selama 8 jam non stop.

Jadi, dengan perpaduan performa yang sangat baik dan masa pakai yang cukup lama, laptop ini bisa menjadi laptop andalan kalian.

Kesimpulan : Asik untuk kerja

Memiliki desain yang cukup elegan dan ukuran yang tipis serta ringan, laptop yang satu ini sangat cocok untuk kalian yang sering berpindah lokasi kerja. Memiliki banyak port juga berarti kita juga dapat menghubungkan banyak perangkat sekaligus.

Performanya juga cukup lumayan kencang mengingat laptop yang satu ini hadir dengan prosesor AMD Ryzen 7 7840HS. RAM yang besar dan penyimpanan yang cukup besar juga dapat menampung banyak dokumen yang dibutuhkan.

Untuk harga sendiri, HP ZBook Firefly 14 G10 dihargai Rp23.999.000.

80
HP ZBook Firefly 14 G10
 
Keunggulan
  • Desain oke
  • Performa baik
  • Baterai awet
 
Kekurangan
  • Agak mahal
  • Layar masih IPS
  •  
 

 

Tag
Share
×
tekid
back to top