Review TP-Link WR945N, murahnya kebangetan

Router berharga murah ini memiliki performa yang cukup mengejutkan.

Memilih router yang tepat untuk digunakan di rumah atau kantor memang susah-susah gampang. Apalagi, saat hendak membelinya, kita tidak bisa mencobanya terlebih dahulu. 

Ada pengalaman menarik ketika saya mendapat kesempatan menjajal salah satu router milik TP-Link dengan seri WR945N 450Mbps Wireless N Router. Kami sempat meragukan kemampuannya karena router ini hanya dibanderol dengan harga di bawah Rp400 ribuan. Pertanyaan pertama sudah pasti “Sehebat apa si router ini?”.

Desain

Desainnya cukup menarik. TP-Link WR945N menggunakan material logam pada bodi utama. Tampilan bagian depannya minimalis, bahkan terlalu minimalis karena hanya menampilkan sebaris LED berwarna biru penanda perangkat sedang aktif.

Dimensinya juga tergolong ringkas. Router ini hanya berukuran panjang 7,3 inci dengan lebar 5,2 inci dan tinggi 0,9 inci. Namun, ia dibekali tiga buah antena yang sangat panjang, bahkan melebihi panjang dari router itu sendiri.

Untuk sisi bagian belakang adalah kejutan lainnya. TP-Link WR945N dibekali empat buah port LAN dan sebuah port WAN untuk jalur masuk internet. Meski dibanderol murah, router ini juga sudah dibekali dengan fitur WPS untuk mempersingkat proses penghubungan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: