Mesh router baru TP-Link bisa kontrol gadget smart home

Perangkat baru dari TP-Link ini menyiapkan jaringan khusus untuk komunikasi antar unit router memungkinkan operasi yang lebih cepat

Mesh router baru TP-Link bisa kontrol gadget smart home

TP-Link baru saja mengenalkan mesh router kedua mereka, Deco M9 Plus. Dilansir dari The Verge (19/6), perangkat jaringan tersebut hadir dengan dua penyempurnaan penting pada fungsi smart home dan kecepatan.

Hal pertama adalah fitur yang lebih umum, perangkat yang baru diluncurkan ini adalah router tri-band ketimbang hanya mengusung dual-band. Artinya, Deco M9 Plus menyajikan kecepatan yang jauh lebih gesit. Seperti kebanyakan router tri-band, perangkat terbaru dari TP-Link ini menyiapkan jaringan khusus untuk komunikasi antar unit router, memungkinkan operasi yang lebih cepat untuk jaringan yang terhubung ke ponsel dan komputer Anda.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

TP Link tawarkan perangkat baru solusi jaringan rumahan

TP-Link boyong produk smart home baru ke Indonesia

Review TP-Link WR945N, murahnya kebangetan


Mesh router pertama dari TP-Link, Deco M5, hanya mengusung model dual-band, yang mana Anda dapat melihatnya di kebanyakan router, dan cenderung memiliki harga yang agak terjangkau. Namun pada poin ini, kebanyakan sistem mesh menawarkan opsi dual-band dan tri-band.

Hal yang tidak berbeda dari yang lain adalah fitur smart home dari TP-Link. M9 Plus juga dilengkapi dengan dukungan ZigBee – sebuah protokol nirkabel yang digunakan oleh banyak gadget smart home, sehingga memungkinkan router terhubung ke banyak perangkat berdaya rendah seperti lampu pintar, kunci rumah, tombol lampu, dan sebagainya. Oiya, router tersebut juga dilengkapi koneksi Bluetooth.

Bersamaan dengan perangkat yang terhubung dengannya, router ini dapat dikontrol melalui aplikasi TP-Link Deco. TP-Link menyatakan bahwa router terintegrasi dengan Alexa dan IFTTT, jadi Anda akan memiliki lebih banyak pilihan akan bagaimana cara menggunakan dan mengontrol gadget terhubung.

TP-Link membanderol satu unit M9 Plus dengan harga USD180 (Rp2,5 juta). Sedangkan jika pengguna menginginkan dua paket, harga yang ditawarkan adalah USD300 (Rp4,2 juta).

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: