Microsoft Surface Duo, ponsel android dengan dua layar

Siapa bakal menyangka kalau Microsoft akan kembali berbisnis smartphone. Hadirnya Microsoft Surface Duo menjadi kartu AS Microsoft untuk kembali ke pasar ponsel di dunia.

Microsoft Surface Duo, ponsel android dengan dua layar

Microsoft tidak berhenti memberi kejutan di Surface Event. Salah satu kejutan yang dihadirkan perusahaan ini adalah sebuah perangkat bernama Surface Duo. Yang menarik adalah, perangkat ini memiliki dua layar, dan yang terpenting menjalankan sistem operasi Android di dalamnya. 

Kendati dalam presentasinya, Kepala Produksi Microsoft, Panos Panay enggan menyebutnya sebagai sebuah ponsel, namun pengumuman ini menjadi titik kembalinya Microsoft ke bisnis ponsel. Sebagaimana diketahui, perusahaan ini mulai menyerah membuat smartphone ketika pihaknya menutup platform Windows Phone. Hal ini terjadi dua tahun lalu lantaran platform ini tidak bisa menyaingi ketenaran iOS dan Android


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Microsoft punya keyboard dengan tombol emoji

Mode gelap segera hadir di aplikasi Microsoft Office

Microsoft enggan Surface Duo mereka disebut ponsel


"Produk ini begitu indah, bukan hanya karena hardware-nya, tetapi juga karena seberapa produktif Anda dengan menggunakan perangkat ini." ujar Panos Panay ketika memperkenalkan Microsoft Surface Duo. 

Untuk diketahui, Surface Duo hadir dengan dua buah layar yang berdampingan. Layar berukuran 5,6 inci tersebut dihubungkan dengan sebuah engsel persis di bagian tengahnya. Bentuknya sangat mirip dengan Surface Neo, yang juga diperkenalkan dalam ajang Surface Event. Namun versi ini hadir dengan ukuran lebih mini. 

Layar Surface Duo dapat dilipat 360 derajat, menjadikan posisinya saling bertolak belakang. Microsoft juga menyediakan opsi untuk menggabungkan tampilan pada kedua layar tersebut. Salah satu yang menarik adalah pengguna dapat menjalankan dua aplikasi berbeda pada masing-masing layar. Posisinya juga dapat ditukar sesuka hati. Mode lain juga memungkinkan salah satu layarnya digunakan sebagai keyboard atau kontroler ketika bermain gim. 

Tidak banyak informasi yang diberikan Panos Panay mengenai perangkat ini. Yang pasti, perangkat ini akan menggunakan chipset Snapdragon 855. Tampaknya Surface Duo juga akan mendukung penggunaan kartu SIM. Dalam video promosinya, Surface Duo dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon. 

Sejauh ini, perangkat yang diperkenalkan dalam ajang Surface Event itu masih berupa purwarupa. Artinya, Microsoft kemungkinan akan menambahkan beberapa dukungan lain pada Surface Duo. Misalnya, kamera. Ya, dalam perangkat purwarupa itu, tidak terlihat adanya kamera di bodinya. Kemungkinan kamera ini akan ditambahkan Microsoft ketika perangkat ini sudah siap dijual.

"Produk ini menawarkan semua yang terbaik dari Microsoft, dan kami bekerja sama dengan Google untuk membawa pengalaman terbaik Android dalam satu produk." ujar Panos Panay.

Ia sendiri menyebut bahwa Surface Duo akan mendukung semua aplikasi dalam ekosistem Android. Namun belum diketahui secara pasti, sistem operasi versi berapa yang dijalankan pada perangkat ini. Microsoft pun tampaknya sudah memodifikasi sistem operasinya agar memiliki tampilan serupa seperti Surface Neo. 

Terlepas dari itu semua, Microsoft masih memiliki waktu untuk kembali membenahi produknya. Pasalnya Surface Duo dikatakan baru akan tersedia pada 2020 mendatang. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: