iPhone 11 bakal hadir dengan iOS 13 dan Taptic Engine

Apple dipastikan akan menghadirkan tiga model iPhone 11. Ketiganya akan hadir dengan fitur baru bernama Taptic Engine pada September mendatang.

iPhone 11 bakal hadir dengan iOS 13 dan Taptic Engine Source: 9t05mac

Apple terbiasa dengan berpatokan pada tradisi ketika hendak merilis produk iPhone. Ya, seperti tahun lalu, kali ini Apple dilaporkan akan kembali merilis tiga model iPhone. Ketiganya merupakan bagian dari iPhone 11. Ketiga iPhone baru ini kabarnya akan hadir dengan chip A13 yang lebih dikenal dengan nama Cebu, model T8030. 

Sejumlah rumor beredar sembari waktu bergulir sampai Apple memperkenalkan ketiga anggota keluarga terbarunya ini. Kabarnya, waktu perkenalan itu akan jatuh sekitar bulan September. Lagi-lagi, berpatokan pada tradisi. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Daya tahan baterai iPhone 11 Pro Max 20 persen lebih baik dari iPhone XS Max

Rincian spesifikasi dan harga iPhone 11 Series

Demi iPhone 11, Foxconn langgar aturan kerja Tiongkok


Setiap model iPhone 11 akan memiliki port Lightning. Hal ini justru bertolak belakang dari rumor yang mengatakan bahwa iPhone 11 akan memiliki port USB Type-C setelah adanya pergantian pada iPad Pro tahun lalu. 

Ketiga model ini hadir dengan nama yang berbeda-beda. D42 (iPhone 12,3) nantinya akan menggantikan iPhone XS, D43 (iPhone 12,5) akan menggantikan iPhone XS Max dan N104 (iPhone 12,1) akan diposisikan untuk menggantikan iPhone XR. D42 dan D43 akan hadir dengan 3x OLED Retina Display, sementara N104 dengan 2x Liquid Retina display seperti generasi sebelumnya. Ketiganya akan memiliki resolusi layar yang sama dengan pendahulunya. 

iPhone 11 juga dilaporkan akan memiliki fitur baru bernama Taptic Engine dengan kode leap haptic. Belum diketahui bagaimana fitur ini akan bekerja. 9to5mac (25/7), memprediksi bahwa fitur ini merupakan peningkatan fungsi Haptic Touch karena ketiga perangkat baru ini tidak akan hadir dengan 3D Touch. 

Dari sektor kamera, sebelumnya sudah dipastikan kalau iPhone 11 akan hadir dengan konfigurasi kamera yang disusun melingkar. Nantinya akan ada satu modul kamera wide-angle di sana. Dari segi fitur, iPhone 11 akan hadir dengan Smart Frame. Fitur ini akan menangkap area di sekitar bingkai dalam gambar atau pun video sehingga pengguna dapat menyesuaikan framing atau melakukan perspektif otomatis dan melakukan koreksi langsung. Sementara itu, kemampuan kamera depannya ditingkatkan sehingga mampu merekam di 120fps. 

Bagaimana bentuk pasti iPhone 11 sampai saat ini belum ada yang mengetahuinya. Oleh karena itu, kita tinggal menunggu bulan September tiba sampai Apple memperkenalkan ketiga produk terbarunya ini secara langsung. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: