IBM diam-diam mau bikin smartwatch berlayar lipat

Paten itu diajukan IBM pada 2016, namun perusahaan tak kunjung mendapat persetujuan hingga bulan lalu. 

IBM diam-diam mau bikin smartwatch berlayar lipat (Foto: Lets Go Digital)

Konsep lipat saat ini sesang digandrungi banyak vendor perangkat teknologi. Diam-diam IBM pun memiliki minat serupa. Hal ini tampak dari paten yang menggambarkan konsep smartwatch disertai beberapa tampilan yang bisa dibentangkan menjadi ponsel, bahkan tablet.

LetsGoDigital menemukan paten IBM berjudul “Variable Display Size For an Electronic Display Device”. Paten itu diajukan IBM pada 2016, namun perusahaan tak kunjung mendapat persetujuan hingga bulan lalu. 


BACA JUGA

IBM rancang komputer terkecil di dunia, apa fungsinya?

Alasan mata kuliah Big Data hadir di FEB UI

Mata kuliah Big Data hadir di FEB UI


Berdasarkan paten itu, perangkat elektronik dirancang untuk beroperasi dalam satu atau lebih konfigurasi tampilan, dengan ukuran layar yang bervariasi. Dalam mode default, perangkat itu akan berfungsi sebagai smartwatch dengan casing yang sangat tebal. Casing ini memiliki layar sekunder yang disatukan secara berlapis di balik layar utama. Tampilan sekundernya kemudian bisa dibentangkan dan diposisikan berdekatan dengan tampilan utama.

Paten itu juga menjelaskan setiap layar memiliki ukuran 3x2 inci. Saat pengguna memilih konfigurasi kedua, maka layarnya akan menjadi 6x4 inci, yang artinya tiga layar ditambahkan dalam konfigurasi kedua. 

Dilansir Gizmochina (10/7), konfigurasi ketiga membawa dimensi 12x8 inci yang cukup luas untuk tablet. Namun berdasarkan gambar paten, konfigurasi ketiga sebenarnya akan menjadi 6x8. Belum jelas apakah IBM akan benar-benar membuat prototipe perangkat ini meskipun tak ada tali atau penopang lain yang akan menyangga layar, selain layar utama perangkat.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: