sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Rabu, 03 Agst 2022 10:04 WIB

Headband Xiaomi MiGu bisa kontrol rumah pintar melalui pikiran

Xiaomi baru saja memamerkan ikat kepala (headband) Xiaomi MiGu. Perangkat ini memungkinkan pengguna mengontrol produk rumah pintar dengan pikiran.

Headband Xiaomi MiGu bisa kontrol rumah pintar melalui pikiran

Xiaomi dikenal sebagai salah satu perusahaan yang telah menciptakan banyak produk inovatif. Baru-baru ini, perusahaan itu telah memamerkan headband Xiaomi MiGu yang tampaknya akan memungkinkan pengguna mengontrol produk rumah pintar dengan pikiran mereka menggunakan gelombang otak. Xiaomi mengatakan bahwa headband tersebut adalah bagian dari proyek yang memenangkan hadiah pertama di hackathon online ketiga Xiaomi Group.

Dilansir dari Gizmochina (3/8), headband Xiaomi MiGu diklaim tidak hanya memungkinkan pengguna untuk mengontrol rumah pintar mereka dengan pikiran, tetapi juga akan memantau kelelahan selama mengemudi melalui gelombang otak. Insinyur proyek mengatakan bahwa dia berharap untuk memungkinkan semua orang menikmati kehidupan pintar yang lebih nyaman dengan cara interaksi lebih alami.

Tim di balik headband MiGu mengklaim bahwa ada tiga titik yang dipasang pada MiGu, sehingga membantunya mendapatkan sinyal listrik. Selain itu, ia juga dapat secara kasar membaca EEG (Electroencephalography) pengguna menggunakan perbedaan potensial antara titik tersebut.

Sebagai informasi, EEG adalah tes yang mengukur aktivitas listrik di otak. Orang-orang menghasilkan bentuk gelombang EEG yang berbeda dalam keadaan emosi yang berbeda dan headband Xiaomi menggunakan machine learning untuk memetakan bentuk gelombang ini.

Seperti yang telah disebutkan, headband Xiaomi MiGu adalah proyek yang memenangkan hackathon online Xiaomi dan belum jelas apakah headband tersebut akan dikomersialkan atau tidak. Bagaimanapun, produk tersebut tampaknya cukup menarik dan kemungkinan akan membawa banyak perhatian jika Xiaomi memutuskan untuk menjualnya.

Share
×
tekid
back to top