Robot Mini Cheetah MIT bisa main bola

Robot-robot Mini Cheetah tersebut diinformasikan memiliki bobot hanya 9 kg, dan desainnya terungkap untuk pertama kalinya awal tahun ini.

Robot Mini Cheetah MIT bisa main bola Source: MIT

Departemen Biomimetics Robotics dari MIT menggunakan seluruh kawanan robot Mini Cheetah terbarunya untuk melakukan demonstrasi yang tidak biasa. Para robot tersebut menampilkan gerakan-gerakan yang menggemaskan dan mengesankan yang belum tentu dapat dilakukan oleh robot berkaki empat lain.

Para siswa di MIT terlihat mengkoordinasikan aksi 9 robot Mini Cheetah seukuran anjing yang berlari melalui berbagai kegiatan, termasuk gerakan terkoordinasi, melakukan gerakan jungkir balik, lompat dari tumpukan daun-daun kering, berguling-guling, dan bahkan bermain sepak bola.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Robot ini bisa bermain dengan kucing

Kafe milik Softbank akan dilengkapi pelayan robot

Polisi di Massachusetts manfaatkan robot anjing


Robot-robot Mini Cheetah tersebut diinformasikan memiliki bobot hanya 9 kg, dan desainnya terungkap untuk pertama kalinya awal tahun ini oleh tim pengembang robot yang bekerja di departemen Mechanical Engineering MIT.

Dilansir dari TechCrunch (9/11), Mini Cheetah adalah versi kecil dari Cheetah 3. Sebagai informasi, Cheetah 3 memiliki bobot yang lebih berat sehingga tidak dapat melakukan gerakan seperti Mini Cheetah.

Mini Cheetah dirancang untuk dapat dirakit seperti Lego menggunakan komponen yang mudah dipasang. Tidak ketinggalan pula daya tahan yang tinggi serta biaya pembuatan yang relatif lebih rendah. Robot ini dapat berjalan cepat dan lincah menggunakan engsel fleksibel di keempat kakinya. Ia dapat berjalan cepat hingga 8 km/jam.

Para peneliti yang mengembangkan robot Mini Cheetah mulai membangun timnya setelah mendemonstrasikan versi awal pada bulan Mei lalu, dan sekarang bekerja dengan tim lain di MIT untuk meminjamkan mereka agar dapat melakukan penelitian tambahan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Tags :
Robot MIT