FedEx akan segera kirim paket pakai drone

Program percontohan uji coba akan dilakukan di Christianburg, Virginia, dan cara ini dimaksudkan untuk membuktikan bahwa drone Wing akan siap untuk mengantarkan produk lebih cepat.

FedEx akan segera kirim paket pakai drone Source: Wing via Engadget

Sistem drone milik Alphabet, Wing, musim gugur ini akan mulai mengirimkan barang untuk FedEx Express, Walgreens dan ritel lainnya. Program percontohan uji coba akan dilakukan di Christianburg, Virginia, dan cara ini dimaksudkan untuk membuktikan bahwa drone Wing akan siap untuk mengantarkan produk perawatan kesehatan, memenuhi kebutuhan pengiriman jarak jauh dan memberikan dorongan kepada ritel lokal.

Pada bulan April lalu, Wing menjadi perusahaan pengiriman drone pertama yang menerima Air Carrier Certification dari Federal Aviation Administration (FAA). Dilansir dari Engadget (19/9), program percontohan ini telah berbulan-bulan menjalani pengembangan. Dengan Walgreens (perusahaan asal AS yang bergerak di industri farmasi), Wing akan memberikan obat-obatan dan barang-barang kesehatan, atau semacamnya sesuai permintaan pelanggan. Wing telah merancang kotak khusus yang akan digunakan drone untuk mengangkut pengiriman FedEx Express yang memenuhi syarat, mereka akan mengangkut produk dan bawang makanan dari ritel lokal Sweet Magnolia.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Drone ini hadir untuk lumpuhkan drone ilegal

UPS siap kirim paket lewat drone

Hyundai akan punya taksi terbang


Wing telah aktif di Christianburg dan daerah New River Valley selama bertahun-tahun. Pada 2016, mereka mengirimkan makanan Chipotle burrito ke kampus Virginia Tech di Blacksburg, Virginia, dan memiliki kemitraan berkelanjutan dengan Virginia Tech Mid-Atlantic Aviation Partnership. Di Australia, Wing telah menerbangkan lebih dari 700.000 penerbangan uji coba dan menghasilkan ribuan pengiriman. Sebagai bagian dari program percontohan lain, mereka mengantarkan bakso, kue dan menu lain ke Helsinki.

Namun tampaknya Wing akan menghadapi beberapa persaingan serius. Misalnya, Uber Elevate yang berkomitmen untuk memberikan makanan cepat saji melalui drone. Amazon sedang sibuk memperbarui desain robot drone mereka, dan ada pula drone pengiriman berukuran raksasa yang digunakan oleh Militer AS. Wing memiliki awal yang baik, jika uji coba Christiansburg ini berjalan dengan lancar, maka kemungkinan mereka melebarkan sayap ke lebih banyak negara.

 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: