Di Inggris, konsultasi dokter bisa lewat video call

Inovasi baru untuk bertemu dokter lewat bantuan teknologi komunikasi.

National Health Service (NHS) Inggris, memperkenalkan inovasi layanan baru, GP at Hand. Layanan ini memampukan pasien untuk berkonsultasi dengan paramedis lewat video call.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Mau tahu, apa saja tren 10 pekerjaan masa depan?

Antara stres, kematian, dan terlalu sering lihat layar smartphone

Jam tangan ini bisa suntikkan obat ke tubuh pengguna


NHS bekerjasama dengan Babylon Health, penyedia layanan aplikasi kesehatan yang membantu pasien berkomunikasi dengan dokter lewat video call dan pesan teks. Masyarakat Inggris yang sudah teregistrasi dalam NHS, bisa berbicara dengan dokter selama dua jam. Dalam laporan yang diturunkan The Next Web (6/11), dokter pun bisa memberikan resep ke apotek terdekat atau membuat janji temu dengan pasien setelahnya.

Inovasi layanan kesehatan baru ini merupakan solusi bagi lambatnya layanan kesehatan di Inggris. Di negara tersebut, banyak pasien yang harus menunggu lebih dari tiga minggu untuk mendapatkan janji bertemu dengan dokter.

Dengan GP at Hand, mereka bisa bertemu muka dengan dokter tanpa membuang waktu yang berharga.

NHS sendiri getol mengimplementasikan teknologi kepada layanan kesehatan mereka. Sebelum fitur video call, NHS juga mengimplementasikan chatbot ke dalam layanan mereka.

Tentu saja, ada risiko ketika dokter memberikan resep medis hanya lewat diagnosa awal di dalam konslutasi video call. Oleh karena itu, NHS menyesuaikan layanan ini untuk beberapa kondisi, seperti ibu hamil, pasien gangguan jiwa yang kompleks, ataupun pasien yang membutuhkan bantuan konsultasi psikolog.

Kendala lainnya adalah teknologi. Pasien yang ingin mencoba layanan ini harus memiliki smartphone yang cukup baik untuk melakukan panggilan video call dan tentu koneksi internet yang stabil.

Langkah berikutnya dari improvisasi layanan kesehatan ini ke depannya adalah integrasi dengan teknologi wearable, seperti FitBit. Mengingat bahwa gadget ini bisa mencatat denyut jantung, jam tidur, dan aktivitas lainnya, membantu dokter memberi diagnosa yang lebih tepat.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: