sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
Jumat, 24 Jan 2020 09:41 WIB

Alat ini bisa ubah TV dan lainnya jadi layar sentuh

Meski sudah ada beberapa perangkat tambahan lain yang dapat mengubah TV menjadi layar sentuh, Glamos terlihat lebih portabel, lebih mudah diterapkan ke perangkat lain.

Alat ini bisa ubah TV dan lainnya jadi layar sentuh
Source: Glamos CoreDAR via New Atlas

Glamos adalah perangkat berukuran kecil yang menggunakan teknologi LIDAR untuk memproyeksikan semacam layar sentuh virtual di mana pun ia diperlukan seperti mengubah TV atau proyektor menjadi layar raksasa yang dapat dikendalikan oleh gerakan tangan dari jarak jauh. Dilansir dari New Atlas (24/1), perangkat ini pada dasarnya bekerja seperti sistem Microsoft Kinect, menggunakan cahaya untuk mendeteksi gerakan dalam bidang tertentu. Ini dilakukan berkat LIDAR, sistem berbasis laser untuk membantu navigasi kendaraan otonom.

Meski sudah ada beberapa perangkat tambahan lain yang dapat mengubah TV menjadi layar sentuh, Glamos terlihat lebih portabel, lebih mudah diterapkan ke perangkat lain. Selain itu, ia dapat mendaftarkan gerakan tanpa harus menyentuh layar secara langsung.

Ukuran Glamos hanya 37 x 27 x 34 mm serta berbobot hanya 177,7 gram. Menggunakan modul cermin yang berputar, ia memproyeksikan bidang sensor gerak yang memanjang 180 derajat hingga radius satu meter. Membuat deteksi 40 kali per detik, perangkat ini bahkan dapat merasakan gerakan cepat dan menerjemahkannya ke apa pun yang terhubung dengannya.

Tujuannya adalah Glamos dapat mendaftarkan gestur colekan jari dan lambaian tangan di depan layar besar, dan menerjemahkannya menjadi ketukan dan gesekan seolah-olah perangkat yang terhubung adalah layar sentuh. Misalnya, kamu dapat memainkan gim mobile di TV, menavigasi Netflix tanpa remote control, atau menggulir resep tanpa menyentuh tablet saat memasak.

Glamos terhubung ke layar lain lewat dua cara. Model dasar dihubungkan melalui Micro USB, sedangkan versi Pro juga dapat terhubung melalui Bluetooth. Saat ini Glamos mencari dana di Kickstarter, di mana ia telah mengumpulkan sekitar tujuh kali lebih banyak dari target USD 10.000 (Rp137 juta).

Share
back to top