sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Kamis, 10 Nov 2022 15:05 WIB

Review film tersedih 2022: Cassiopeia

Cassiopeia mengisahkan seorang wanita muda yang mengidap alzheimer atau demensia di umur produktifnya, dan diurus oleh Sang Ayah yang sudah lanjut usia. 

Review film tersedih 2022: Cassiopeia

Belakangan ini, film horor dan thriller berlatar zombie atau post-apocalyptic mendominasi layar lebar dan layar kecil melalui platform streaming. Namun terlepas dari animo genre tersebut, ada film yang dikemas dengan cukup sederhana, tetapi dapat dengan hebatnya menguras air mata. Oleh sebab itu, film ini Saya nobatkan sebagai film tersedih 2022.

Cassiopeia, film asal Korea Selatan, berhasil menarik hati penontonnya. Film ini mengisahkan seorang wanita muda yang mengidap alzheimer atau demensia di umur produktifnya, dan diurus oleh Sang Ayah yang sudah lanjut usia. 

Hidup Su-Jin, seorang pengacara dan orang tua tunggal dari anak semata wayangnya, Gina, tiba-tiba berubah setelah dokter mendiagnosa penyakitnya. Di umur yang terbilang muda, Su-Jin menderita demensia tingkat lanjut yang dengan cepat menggerogoti memorinya.

Memang sudah banyak yang menggunakan demensia sebagai landasan film-film sedih. Namun, film ini menurut Saya berbeda karena diambil dari sudut pandang orang tua Su-Jin yang seharusnya sedang menikmati masa tuanya. 

Diceritakan, Su-Jin tidak terlalu dekat dengan Ayahnya karena jarang menghabiskan waktu bersamanya semasa ia remaja hingga beranjak dewasa. Namun setelah pensiun, Ayah Su-Jin berusaha dekat dengan anaknya, apalagi kini dia memiliki cucu yang cantik bernama Gina.

Seperti diberi kesempatan untuk menggantikan waktu-waktu yang hilang dengan anak perempuannya, Ayah Su-Jin mengurus Su-Jin yang semakin hari semakin kehilangan arah. Sementara itu, Gina tinggal di luar negeri dengan Ayahnya dan belum mengetahui kalau Ibunya sakit.

Kesedihan yang muncul sejak pertama kali karakter Ayah Su-Jin hadir dalam film, dibangun perlahan demi perlahan, hingga klimaks hampir di akhir cerita. Tepatnya, ketika Gina datang dan menggandeng tangan Su-Jin yang sedang berantakan dan tidak ingat apa-apa, bahkan anaknya sendiri. 

Adegan ini membuat Saya banjir air mata karena tidak tahan melihat Gina yang sangat dewasa menyikapi keadaan ibunya. Ditambah lagi, Ayah Su-Jin baru siuman setelah beberapa hari sebelumnya mengalami tabrakan mobil.

Penulis Shin Youn-Shick dan Jo Yoo-Jin, serta sutradara Shin Youn-Shick patut diacungi jempol. Sementara itu, aktirs Seo Hyun-Jin yang berperan sebagai Su-Jin berhasil membawa emosi dan mendalami karakternya. 

Tidak heran, aktris kelahiran 1985 ini namanya sudah terpampang di banyak judul film maupun drama. Hyun-Jin juga merupakan penerima penghargaan Baeksang Arts Awards 2017 sebagai Best Actress untuk drama Another Miss Oh.

Di samping itu, Ayah Su-Jin diperankan oleh aktor yang mungkin sudah melegenda di Korea Selatan, Ahn Sung-Ki. Bagaimana tidak, Sung-Ki sudah terjun di dunia akting sejak 1957. Ia beberapa kali menerima penghargaan, termasuk pemenang Best Actor di BaekSang Arts Awards 2012.

Cassiopeia bisa menjadi pilihan film selanjutnya bagi Sahabat Tek yang mulai bosan dengan genre zombie. Judul ini juga cocok sebagai tontonan saat kumpul keluarga.

Share
×
tekid
back to top