sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Minggu, 01 Jan 2023 08:05 WIB

Pesan moral serial Wednesday: Jangan candu dengan teknologi

Karakter Wednesday Addams adalah anak perempuan berkarakter unik yang anti terhadap perkembangan teknologi.

Pesan moral serial Wednesday: Jangan candu dengan teknologi

Wednesday kini menjadi salah satu serial orisinal Netflix yang bertahan di posisi teratas sebagai seri bahasa Inggris paling banyak ditonton. Mengikuti kisah Wednesday Addams di Nevermore, dia adalah anak perempuan berkarakter unik yang anti terhadap perkembangan teknologi.

Nevermore adalah asrama sekolah khusus anak buangan. Dalam hal ini, anak buangan berarti mereka yang memiliki kemampuan khusus, seperti berubah wujud menjadi srigala, menerawang kejadian di masa depan atau masa lalu, menghasut orang dengan bisikan, dan masih banyak lagi. 

Meski tampil dengan gaya klasik, namun serial berjalan di latar waktu zaman sekarang, di mana media sosial dan smartphone menjadi alat komunikasi yang tidak boleh ditinggal oleh para murid-murid spesial ini.

Namun berbeda dengan murid lainnya, Wednesday sangat anti dengan perkembangan zaman saat ini. Dia menganut paham yang tidak sudi mengandalkan teknologi dalam setiap aktivitasnya.

Di episode pertama misalnya, ketika Wednesday pertama kali datang ke Nevermore. Enid, yang pada akhirnya menjadi sahabatnya, menyarankan agar Wednesday membuat akun Snapchat, Instagram, dan TikTok. Namun, dengan ketus dia menjawab,

"Media sosial itu jurang beracun penuh afirmasi kosong."

Jika bercermin dengan bagaimana media sosial digunakan saat ini, komentar menohok Wednesday memang ada benarnya. Seperti diketahui, media sosial dapat menjadi "toxic" untuk sebagian orang. Maka dari itu, ada yang disebut "detoks" media sosial.

Sebagai orang yang berpendirian kuat, Wednesday sangat konsisten dengan prinsipnya untuk tidak menggunakan perangkat teknologi. Dia bahkan menulis novel dengan mesin ketik jadul yang ada di kamarnya. 
 
Bukan hanya itu, Wednesday juga tidak memakai smartphone. Padahal kalau dilihat-lihat, dia dari keluarga yang berada. Namun tradisi anti-teknologi tampaknya sudah ditanamkan di keluarga The Addams. Alih-alih smartphone, ibu Wednesday, Marticia, memberikan bola kristal ajaib sebagai alat komunikasi jarak jauh mereka.

"Aku tak punya ponsel. Aku tak mau jadi budak teknologi," kata Wednesday kepada Tyler saat pertemuan pertamanya di kafe. 

Dari Wednesday, kita bisa belajar bahwa tidak semua hal harus mengandalkan teknologi. Meskipun tidak semua sikapnya bisa kita ikuti - karena suatu waktu kita juga membutuhkan teknologi untuk mempermudah hidup - namun satu hal yang penting adalah agar kita tidak kecanduan dengan kemudahan yang ditawarkan. Bagaimana menurut pandangan Sahabat Tek?

Share
×
tekid
back to top