sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
Jumat, 27 Jan 2023 08:03 WIB

Jakarta jadi poros penting dalam serial The Last of Us

Tanaman yang terinfeksi jamur penyebab wabah dalam serial The Last of Us berasal dari Jakarta, sementara poros utama dalam gim mengambil latar Amerika Selatan. 

Jakarta jadi poros penting dalam serial The Last of Us

Netizen Indonesia dihebohkan dengan latar kota Jakarta yang membuka episode 2 serial The Last of Us. Cerita menyoroti asal-usul infeksi Cordyceps, di mana Ratna yang bekerja di Universitas Indonesia sebagai guru besar Mikologi (ilmu yang mempelajari jamur) diganggu oleh seorang perwira militer Indonesia. 

Ratna dibawa ke fasilitas rahasia untuk memeriksa strain Cordyceps yang diambil dari manusia. Setelah menyatakan bahwa Cordyceps tidak dapat bertahan hidup pada manusia, Ratna memeriksa mayat seseorang yang terinfeksi jamur tersebut. 

Rupanya, wanita itu terinfeksi oleh Cordyceps dan menggigit banyak pekerja lain yang tidak diketahui keberadaannya. Ini menjelaskan lebih lanjut asal-usul virus di dalam serial, setelah pengungkapan pemanasan global di episode pertama.

Infeksi Cordyceps dalam serial dimulai dengan cara yang sama di gim asli The Last of Us. Surat kabar yang ditemukan di rumah Joel dan Sarah di bagian pembuka gim, memberikan beberapa detail tentang wabah ini.

Menurut surat kabar, Cordyceps mulai menginfeksi manusia melalui tanaman yang terinfeksi. Tanaman ini mentransferkan jamur ke inang manusia, yang kemudian mulai merasakan efeknya dan menyebarkannya ke manusia lain melalui gigitan.

Bagaimana Jakarta mengubah serial dari gim

Asal muasal wabah sebagian besar tidak berubah dalam adaptasi ini, dengan mengungkapkan bahwa orang pertama terinfeksi dari pabrik tepung dan biji-bijian. Namun yang berbeda adalah tanaman yang terinfeksi berada di Jakarta, sementara poros utama dalam gim mengambil latar Amerika Selatan. 

Perubahan dari Amerika Selatan ke Asia memberikan perubahan lebih lanjut dari alur cerita di gim. Meskipun tidak terlalu besar, namun perubahan membuat serial lebih realistis, mengingat jamur Cordyceps, dalam kehidupan nyata, sebagian besar ditemukan di Asia.

Hal ini membuat wabah infeksi otak Cordyceps yang berasal dari Jakarta jauh lebih masuk akal daripada asal-usul yang ada di dalam gim. Sebab, negara Asia seperti Indonesia jauh lebih mungkin untuk melihat versi mutasi dari jamur yang melimpah di benua tersebut.

Share
×
tekid
back to top