sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
Senin, 01 Feb 2021 15:38 WIB

Fakta sejarah tragedi Titanic, yang dihapus dari filmnya

Setelah bertahun-tahun ditayangkan, ternyata Titanic memiliki adegan yang dipotong yang berisi tentang fakta terpenting dari tidak selamatnya para penumpang.

Fakta sejarah tragedi Titanic, yang dihapus dari filmnya

Titanic karya James Cameron menceritakan kisah tragis kapal laut yang tenggelam di Atlantik. Tetapi, tahukah kalian kalau ada sebuah adegan yang dipotong dari flim yang seharusnya memberi harapan akan keselamatan penumpang kapal mewah tersebut. Titanic sebenarnya tidak sendirian di wilayah itu. Selain RMS Carpathia, terdapat kapal RMS Californian yang letaknya lebih dekat sekitar 20 mil. Adegan yang dihapus ini, akan mengungkapkan kenapa Californian tidak datang menyelamatkan Titanic.

Dilaporkan oleh ScreenRant (1/2), adegan tersebut menceritakan kalau operator nirkabel Californian telah memperingati Titanic tentang es yang akan ditabraknya. Namun, saat itu operator sedang sibuk menerima banyak keluhan penumpang mereka yang kaya raya. Pesan-pesan tersebut pada akhirnya menginterupsi pesan lain yang hendak masuk dan keluar dari operator Titanic.

Californian pun akhirnya mematikan perangkat nirkabel mereka, sesaat setelah operator Titanic menyuruhnya diam. Inilah yang mungkin disebut sebagai kesalahan kecil, namun berdampak paling buruk, yaitu menenggelamkan para penumpang di bawah dinginnya air laut malam itu.

Seperti pada kebanyakan film yang diangkat dari kisah nyata, adegan yang dihapus juga tidak jauh dari cerita aslinya. Californian memang benar telah mengirim pesan nirkabel ke kapal di daerah tersebut untuk memperingatkan tentang bongkahan gunung es. Tetapi, operator Titanic, Jack Pihillips terlalu lelah sehingga tumpukan pesan membanjiri radio kabel.

Phillips yang stres saat itu mengabaikan pesan-pesan masuk yang mungkin juga peringatan dari kapal lain selain Californian. Ia bahkan menyuruh rekan Californian itu untuk tutup mulut, dan membuat mereka memahami secara keliru sehingga pesan tidak pernah sampai ke daratan. Ketika kapal mulai tenggelam, Titanic mengirim pesan S.O.S., namun sangat disayangkan bahwa Californian telah mematikan radio nirkabel mereka.

Suar yang dikirim oleh Titanic juga diabaikan oleh Californian karena kapten berasumsi kalau itu hanya roket perusahaan yang dimaksudkan untuk memberi sinyal kepada kapal dari jalur yang sama. Kalau saja Californian tiba lebih cepat, mereka mungkin telah menyelamatkan ratusan penumpang yang menemui ajalnya saat itu.

James Cameron memutuskan untuk memotong adegan tersebut karena ingin memfokuskan film ke orang-orang di dalam Titanic saja. Seiring perkembangan film dalam pasca produksi, ia memutuskan memasukkan cerita Californian, namun hanya sebagai akurasi historis. Cameron tetap ingin film berfokus pada dunia Titanic itu sendiri, di mana tidak ada yang datang menyelamatkan mereka sampai semuanya sudah terlambat.

Sekarang kita tahu, Titanic telah mengabaikan beberapa kebenaran historis dengan memotong adegan Californian demi menjaga jalan cerita tetap fokus. Cameron mengorbankan keakuratan sejarah untuk menjaga pemirsa tetap berinvestasi secara emosional pada kapal yang tenggelam dan tidak memiliki harapan untuk diselamatkan.

Tag
Share
×
tekid
back to top