sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Selasa, 15 Nov 2022 14:38 WIB

Dokumenter mendiang ayah Robert Downey Jr. segera tayang di Netflix

Robert Downey Sr. (ayah Robert Downey Jr.) adalah pembuat film underground yang terkenal selama tahun 1960-an dengan film-film seperti Putney Swope.

Dokumenter mendiang ayah Robert Downey Jr. segera tayang di Netflix

Netflix baru saja merilis trailer film dokumenter "Sr." yang akan tayang dalam waktu dekat ini. Film ini disebut-sebut akan mengisahkan tentang mendiang ayah Robert Downey Jr.

Seperti diketahui, Robert Downey Jr dikelan oleh dunia sebagai Tony Stark/Iron Man. Namun tidak banyak yang tahu bahwa ayah dari sosok hebat tersebut, Robert Downey Sr., juga seorang aktor yang tak kalah brilian. 

Yap, ayah-anak ini menyandang nama yang sama, dengan jalur karir yang sama pula. Selain aktor, Robert Downey Sr. juga seorang penulis dan sutradara ulung. Ia meninggal pada Juli 2021 karena komplikasi penyakit Parkinson.

Selama tiga tahun terakhir hidupnya, Downey Sr. menuruti anaknya untuk dibuatkan dokumenter. Sekarang, lebih dari setahun setelah kematiannya, Netflix merilis trailer pertama untuk dokumenter yang diberi judul "Sr." tersebut.

Trailer menampilkan video hitam putih kebersamaan Robert dengan Sang Ayah. Tidak hanya itu, dokumenter juga membagikan perjalanan karir dan karya Downey Sr. hingga menjelang hari-hari terakhirnya. Sejumlah tokoh terkenal juga dihadirkan sebagai penghormatan untuk tokoh sineas itu.

Warisan Hollywood Robert Downey Sr.

Downey Sr. adalah pembuat film underground yang terkenal selama tahun 1960-an dengan judul film seperti Putney Swope. Film ini merupakan sebuah sindiran tanpa kompromi dari segala arah mulai dari dunia periklanan Madison Avenue, penggambaran ras dalam film-film Hollywood, dan sifat korupsi perusahaan. 

Putney Swope disebut-sebut sebagai pengaruh besar oleh banyak pembuat film, termasuk Paul Thomas Anderson, yang muncul dalam dokumenter Sr. Dokumenter Netflix ini juga menampilkan pemenang Oscar Alan Arkin dan Norman Lear yang legendaris untuk membahas warisan Downey Sr. yang luar biasa namun kurang dikenal.

Setelah Putney Swope, Downey Sr. dan semangat pemberontakannya terus melahirkan film-film dengan standar komedi anti-kemapanan dan kontra-budaya. Sepanjang tahun 1970-an, Downey Sr. tidak berhenti membuat film independen dengan anggaran terbatas sesuai dengan tradisi underground.

Share
×
tekid
back to top