sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
Jumat, 01 Jan 2021 10:17 WIB

Alasan Arkangel menjadi episode terseram di Black Mirror

Arkangel yang merupakan teknologi untuk memantau gerak anak menjadi episode terseram di serial televisi Black Mirror.

Alasan Arkangel menjadi episode terseram di Black Mirror
Source: The Verge

Serial televisi Black Mirror besutan Charlie Brooker menampilkan banyak tekonologi yang mungkin hadir di masa depan. Namun, tiap teknologi mempunyai kengeriannya masing-masing. Dan yang paling menakutkan adalah Arkangel yang ditayangkan pada episode 2 musim keempat. Perangkat ini memungkinkan para orang tua atau wali untuk selalu memantau anak mereka dengan video yang menggambarkan apa yang anak itu lihat. Hal buruknya datang ketika konsekuensi yang tidak terelakkan bagi kedua belah pihak.

Setiap episode dalam serial ini menampilkan setidaknya satu teknologi unik yang menggambarkan masa depan. Meski Arkangel bukan episode yang paling mengganggu, episode ini menampilkan teknologi paling menakutkan

Implan perangkat lunak Arkangel memiliki dampak besar bagi pengguna dan anak dengan alat tersebut. Marie (Rosemarie Dwitt), salah satu pelanggan Arkangel yang juga merupakan ibu tunggal dari Sara (Satah Abbott). Di gedung Arkangel, Sara mendapatkan implan saraf dari teknologi tersebut yang memungkinkan Marie melihat melalui mata anaknya. Ia juga diberi sistem pemantauan terbuka untuk membuka opsi, di antaranya memblokir orang, gambar, kata, frasa, dan banyak lagi. Sistem juga dapat memberi pemberitahuan ketika Sara meninggalkan rumah atau dalam bahaya.

Teknologi ini rupanya merupakan kengerian bagi Sara. Ia hanya dapat melihat apa yang diizinkan oleh ibunya. Walau sempat berhenti menggunakan perangkat tersebut, Marie kembali menggunakannya saat Sara remaja untuk memantau setiap gerakannya. Pada episode ini, terungkap bahwa Arkangel telah dilarang karena penyalahgunaannya yang kontroversial. Yang lebih parahnya lagi, implan Arkangel ternyata tidak bisa dihapus. Ini berarti, siapa pun dengan implan itu akan terus-menerus khawatir akan pengaktifan kembali tablet mereka oleh seseorang yang berniat buruk.

Dalam kasus Sara dan Marie, teknologi kontroversial itu mengakibatkan cedera fisik dan pembiusan. Ketika seseorang memiliki akses untuk melihat melalui mata orang lain, mengontrol apa yang mereka lihat, apa yang mereka lakukan, dan bagaimana mereka melakukannya, itu melucuti otonomi mereka, yang merupakan aspek paling mengerikan dari Arkangel pada serial Black Mirror.

Untuk diketahui, serial Black Mirror ditayangkan perdana pada 2011. Episode pertamanya terkenal dengan “The National Anthem. Waralaba ini terus berkembang dan telah mengajak para bintang papan atas, seperti Miley Cyrus, Jon Hamm, Toper Grace, dan Yahya Abdul-Matenn II dalam memerankan karakter. Adapun sutradaranya adalah Jodi Foster.

Share
×
tekid
back to top