Tri uji kebutuhan bandwidth pada empat aplikasi telekonferensi

Oleh: Zhafira Chlistina - Senin, 30 Mar 2020 18:33 WIB

Tri Indonesia melakukan pengujian pada empat aplikasi telekonferensi, yaitu Google Hangouts, Zoom, Webex, dan Skype untuk mengetahui besaran bandwidth yang dibutuhkan tiap aplikasi.

Source: Tek.id

Belakangan ini kita sudah tidak asing lagi dengan aplikasi-aplikasi telekonferensi yang digunakan untuk memenuhin imbauan pemerintah agar bekerja dan belajar dari rumah. Secara tidak langsung, masyarakat tengah membandingkan performa aplikasi-aplikasi seperti Google Hangouts, Zoom, Webex, dan Skype. Namun di samping fitur yang ditawarkan, siapakah yang paling hemat data?

Selama dua pekan ini, Tim teknis Tri Indonesia telah memonitor jaringan selama 24/7 untuk memastikan koneksi yang stabil. Mereka melakukan pengujian internal terbatas pada empat layanan telekonferensi populer paling banyak digunakan di jaringan Tri serta dapat diakses secara gratis di Indonesia untuk mengetahui besaran bandwidth yang dibutuhkan setiap aplikasi. Pengujian menggunakan perangkat yang sama dalam telekonferensi selama 30 menit dengan lima partisipan.

“Pasca imbauan dari Pemerintah untuk beraktivitas dari rumah, kebutuhan internet di jam kerja meningkat pesat. Di periode yang sulit ini, tim teknis Tri Indonesia terus memonitor jaringan selama 24/7 untuk memastikan koneksi yang stabil,” kata Desmond Cheung, Chief Technical Officer Tri Indonesia.

Hasil pengujian menunjukkan kebutuhan bandwidth tiap aplikasi. Bandwith yang kecil berarti hanya menguras data sedikit, sedangkan bandwidth besar menguras banyak data atau pemborosan data. Dari grafik yang ditunjukkan Tri, Webex lah yang paling banyak menguras data. Sementara Zoom menunjukkan bandwidth kecil yang berarti pengguna dapat menghemat konsumsi data jika memakai aplikasi ini.